Gaji Tenaga Honorer Pemkab Bangka Belum Cair, Ini Penjelasan Kepala BPPKAD

 

SUNGAILIAT, LASPELA — Gaji pegawai kontrak atau honorer di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka di 2024 ini belum cair.

Hal itu dikatakan oleh salah satu pegawai yang mengaku hingga saat ini dirinya belum menerima gaji.

“Belum (gajian), baru diajuin mungkin,” katanya singkat.

Merespon hal itu, Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Bangka, Hariyadi mengatakan, ada beberapa penyebab dalam keterlambatan pembayaran gaji honorer tersebut.

“Memang kalau di awal tahun prosesnya agak lambat, karena ada proses kontrak baru walaupun masih tenaga yang lama, kemudian membuat SK kontrak kerja, dan melakukan verifikasi oleh pengguna anggaran di masing-masing OPD,” katanya, Jumat (23/2/2024).

Ia menjelaskan jika proses pembayaran gaji diajukan per kegiatan oleh tiap-tiap OPD, sehingga proses pencairannya berbeda-beda.

“Sudah (pembayaran gaji), cuma memang diajukan per kegiatan di OPD seperti kegiatan surat menyurat, ada kegiatan pengawas lapangan (Dinas PUPR). Jadi pencairannya beda-beda. Ada yang cepat ada yang lambat, mungkin kalau yang banyak (pegawai) membutuhkan waktu untuk melakukan verifikasi,” bebernya.

Ia mengatakan jika kejadian seperti ini merupakan hal biasa, bahkan terjadi di awal tahun-tahun sebelumnya. Namun demikian, pihaknya memastikan proses pembayaran akan kembali normal di bulan berikutnya. (mah)