Sepuluh Penyakit Ini Paling Banyak Diderita Warga Pangkalpinang

PANGKALPINANG, LASPELA – Ada sepuluh penyakit paling banyak diderita warga Kota Pangkalpinang pada tahun 2023 lalu. Hipertensi merupakan penyakit pertama terbanyak.

“Penyakit hipertensi saat ini berjumlah 16.811 orang, dan memang kerap menjadi penyumbang penyakit terbanyak di Kota Pangkalpinang, hipertensi merupakan salah satu penyakit kardiovaskular yang paling umum dan paling banyak diderita masyarakat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, dr. Masagus Hakim, Kamis (22/2/2024).

Ia menjelaskan jika hipertensi saat ini bukan hanya menjadi masalah di Pangkalpinang, tetapi juga seluruh dunia. “Karena hipertensi ini merupakan penyakit yang menjadi pembuka penyakit lain untuk datang, jantung, gagal ginjal, diabetes, stroke,” tukasnya.

Pola hidup yang kurang sehat menyebabkan penyakit-penyakit ini kerap terjadi, contohnya saja seperti terlalu banyak mengkonsumsi gula, garam, dan kurang berolahraga.

“Hipertensi adalah istilah medis ketika kondisi tekanan darah pada tubuh melebihi batas normal, apabila tekanan darah dibiarkan melebihi batas normal, dapat mengakibatkan komplikasi penyakit serius, untuk itu perlu kita cek sedini mungkin,” urai Hakim.

Sementara untuk penyakit lainnya ialah Nasofaringtis Akuta duduki posisi nomor dua dengan jumlah 9.410 orang, kemudian penyakit ISPA sebanyak 8.881 orang, setelah itu ada diabetus melitus sebanyak 6.166 orang, tukak lambung sebanyak 5.290 orang, penyakit Pulpa 3.643 orang, Myalgia 3.529 orang, demam yang tidak diketahui penyebabnya 3.260 orang, Faringtis Akuta sebanyak 2.157 orang, batuk sebanyak 1.860 orang. (dnd)