Semakin Dekat dengan Keberangkatan, 252 Calon Jemaah Haji Sudah Lakukan Pelunasan

PANGKALPINANG, LASPELA – Semakin dekat dengan jadwal keberangkatan haji, 252 orang calon jemaah haji asal Kota Pangkalpinang telah melakukan pelunasan hingga persiapan jelang menunaikan ibadah haji.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Kota Pangkalpinang, Nurmala mengatakan, masih ada calon jamaah yang belum melakukan pelunasan karena ada yang menunda pada tahun 2025 mendatang dengan alasan sakit atau urusan keluarga.

“Untuk jamaah yang melakukan pelunasan tahap I ialah jamaah yang sudah melakukan Istithaah kesehatan yang disertai bukti dari rumah sakit,” katanya, Rabu (21/2/2024).

“Sedangkan untuk tahap II ialah jamaah yang pada saat proses pelunasan mengalami kendala seperti gagal sistem, jamaah cadangan, penggabungan mahram, memahrami, dan kondisi kesehatan,” tambahnya.

Pada tahun ini, jamaah dari Pangkalpinang sebanyak 286, 17 di antaranya lansia serta untuk biaya haji sendiri mengalami kenaikan daripada tahun sebelumnya yakni sebesar 4-5 juta.

“Rata-rata pada tahun ini jamaah membayar sebesar Rp27 juta lebih untuk pelunasan, sesuai dengan Embarkasi Palembang, karena beda Embarkasi beda harganya tergantung jauh dekat dari Arab Saudi,” sebutnya.

Nurmala juga menyebutkan bahwa pelunasan biaya haji diperpanjang dari awalnya pada tahap I pelunasan dilakukan mulai 9 hingga 12 Februari 2024 diperpanjang sampai 23 Februari 2024, lalu untuk tahap II dimulai 5 hingga 26 Februari 2024 diperpanjang sampai 13 hingga 26 Maret 2024. (dnd)