Halaman Pasar Inpres Sungailiat Dipenuhi Sampah, DLH Langsung Eksekusi

SUNGAILIAT, LASPELA — Halaman Pasar Inpres Sungailiat kini dipenuhi tumpukan sampah plastik dan jenis lainnya.

Selain mengeluarkan bau tak sedap, sampah-sampah tersebut juga menjadikan lokasi tersebut menjadi kotor dan tidak sehat.

Merespon hal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangka, Ismir Rachmaddinianto mengaku turun ke lokasi untuk membereskan sampah-sampah tersebut.

Menurutnya, tumpukan sampah nan berserakan ini disebabkan oleh kurang sadarnya masyarakat dalam membuang sampah ke tempatnya.

“Akan kita bersihkan, dan sampah ini kita angkut ke TPA Kenanga. Tentunya untuk membersihkan harus menggunakan alat berat. Semua ini terjadi karena kurang sadarnya warga membuang sampah pada tempatnya,” kata Ismir Rachmaddinianto, Rabu (21/2/2024).

Menurutnya, tumpukan sampah terjadi bukan pembiaran dari Dinas Lingkungan Hidup, hal itu terbukti dengan sudah adanya bak sampah di lokasi yang setiap harinya diangkut ke TPA.

“Sekarang kalau sampah sampai menumpuk seperti ini, karena sampah yang ada tidak saja sampah dari rumah tangga, namun juga sampah tebangan tanaman, pohon. Kemudian sampah bekas nasi kotak, karena dalam beberapa hari ini banyak warga yang menggelar hajatan. Jadi menambah tumpukan sampah,” bebernya.

“Persoalan sampah ini menjadi tanggung jawab Dinas Lingkungan Hidup. Maka saya sebagai Kepala Dinas LH, turun bersama tim menyelesaikan persoalan ini untuk membersihkan sampah,” tambahnya. (mah)