Punya Buku Lama dan Bernilai Sejarah Tinggi Bisa Disumbang ke Perpustakaan

Punya Buku Lama dan Bernilai Sejarah Tinggi Bisa Disumbang ke Perpustakaan

PANGKALPINANG, LASPELA – Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan meminta kepada guru-guru atau masyarakat yang mempunyai buku lama dengan nilai sejarah yang tinggi bisa disumbangkan atau diserahkan ke Perpustakaan Kota Pangkalpinang.

Hal ini, tegasnya agar buku lama yang langka dipunyai oleh masyarakat tidak usang bahkan jangan sampai hilang.

“Kita khawatir ada buku-buku lama di masyarakat kita yang langka nah itu perlu dilestarikan dan bisa kita ambil, karena  ada buku lama yang susah ditemukan tidak dicetak lagi. Nanti jika diserahkan ke Perpustakaan itu akan menjadi harta Perpustakaan,” katanya, Selasa (20/2/2024).

Jika pun ada buku yang berharga dan mempunyai sejarah keluarga, ia meminta untuk dapat di potokopi dan diserahkan ke Perpustakaan.

“Untuk itu minta tolong kalau ada buku-buku seperti dari tahun 1.800 sekian kalau ada bisa kasih ke kami, kami akan berikan reward, tidak mungkin kita hanya minta saja,” tuturnya.

Dengan adanya koleksi buku langka di Perpustakaan Kota Pangkalpinang ini akan menjadi daya tarik bagi orang-orang yang tertarik sejarah dan buku lama.

“Kita bisa informasikan ke luar bahwa kita punya koleksi buku lama, itu bisa menjadi daya tarik bagi orang yang mencari buku-buku lama,” ujarnya.

Contohnya saja ada koleksi buku di Perpustakaan Nasional dimana merupakan buku asli dari Makassar dengan tulisan tua/kuno Makassar. “Dan itu adalah buku langka yang perlu dilestarikan,” tutupnya. (dnd).