Panen Perdana di Desa Banyuasin, Safrizal Imbau Petani Pertahankan Lahannya

RIAUSILIP, LASPELA – Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Safrizal ZA mengimbau masyarakat, khususnya para petani di Desa Banyuasin untuk mempertahankan lahan pertaniannya.

Pasalnya, kata Safrizal, produksi padi dan sawah di daerah Bangka Belitung ini hanya mencapai 20 persen.

“Para petani yang hebat ini adalah bisa menyediakan bahan pokok penting bagi masyarakat bangka, mudah-mudahan sawah ini bisa kita pertahankan. Jangan di kurangi, kalau bisa harus kita tambah,” katanya, saat melakukan panen perdana padi sawah bersama Pj Bupati Bangka, Muhammad Haris, kemarin.

Sementara itu, Haris mengaku bangga dengan kelompok tani yang ada di Banyuasin ini. Meskipun belum bisa menyediakan padi untuk masyarakat se-kabupaten Bangka, minimal di Desa Banyuasin ini sudah mandiri.

“Kedepanya semoga petani banyuasin bisa menjual padi ke seluruh wilayah yang ada di Kepulauan Bangka Belitung,” ujar Haris.

Dikatakannya, kegiatan panen raya padi sawah yang dilakukan oleh kelompok tani Banyuasin seluas 80 hektar lahan sawah dengan menghasilkan produksi mencapai 2,1 ton.

Selain panen raya padi sawah, Pj Gubernur beserta Pj Bupati Bangka juga menanam bibit pohon mangga sebanyak 50 batang. (*/mah)