Jadi Agenda Tahunan, Dispar Gencar Promosikan Peh Cun

PANGKALPINANG, LASPELA – Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Pangkalpinang menjadikan Festival Peh Cun sebagai agenda tahunan Pemerintah Kota Pangkalpunang.

Tradisi masyarakat Tionghoa untuk menghormati meninggalnya seorang bangsawan yang sangat dicintai rakyat bernama Qu Yuan atau leluhur tersebut digelar setiap tanggal 5 bulan 5 penanggalan China.

Kepala Dispar Pangkalpinang, Waspada mengatakan jika Festival Peh Cun di Kota Pangkalpinang menggambungkan dua kebudayaan, yaitu Cina dan Melayu yang tentu dapat menarik atensi masyarakat dan wisatawan luar.

“Peh Cun itu jatuh setiap tanggal 5 bulan 5 kalender cina dimana saat posisi matahari sejajar dengan bumi telur bisa berdiri, dan etnis Tionghoa sendiri percaya jika mandi saat Peh Cun dibawah jam 12 siang bisa berkhasiat untuk kesehatan dan penghilang bala,” ujarnya, Selasa (20/2/2024).

Alasan lain pihaknya mengadakan Festival Peh Cun ini juga dikarenakan di Bangka ini 30 persen masyarakat keturunan Tionghoa dan sisanya Melayu, sehingga Bangka  terkenal Tionghoa dan Melayu hidup berdampingan.

Dispar saat ini pun sedang gencar dalam mempromosikan Festival Peh Cun, Dispar memanfaatkan betul platform media sosial dalam perayaan ini.

“Kita promosikan melalui Youtube, Instagram dan Facebook resmi Dispar, disitu banyak promosi yang telah kita lakukan jika ada event menarik di Pangkalpinang,” ulasnya.

Sebelumnya Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan sempat menginktruksikan kepada Dispar untuk gencar dalam mempromosikan Festival Peh Cun, bahkan jauh-jauh hari sebelum pelaksanaannya digelar.

“Lakukan promosi dari sekarang, sehingga pada hari H nya nanti, banyak yang datang. Jangan telat dalam mempromosikan karena kalau dua minggu sebelum acara yah percuma saja,” ujarnya.

Sementara itu, pada perayaan Festival Peh Cun tahun lalu, Pemerintah Kota Pangkalpinang berhasil meraih rekor Muri dengan jumlah telue berdiri paling banyak. Sebanyak 3.507 telur berhasil berdiri disepanjang jalan Pantai Pasir Padi. Untuk tahun ini Festival Peh Cun sendiri akan digelar pada Juni mendatang. (dnd)