Sambut Baik Peresmian Markas Denpom II/5 Bangka, Pj Gubernur: Komitmen Membangun Pertahanan yang Solid

PANGKALPINANG, LASPELA – Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Safrizal ZA menyambut baik peresmian Kantor Markas  Denpom II/5 Bangka dan Denzibang 5/II Bangka oleh Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar Adil, Jalan Depati Amir No.59 Kelurahan Asam Kecamatan Rangkui  Pangkalpinang, Senin (19/2/2024)

Safrizal mengatakan, kehadiran Pangdam II/Sriwijaya di tanah Bangka Belitung mencerminkan semangat gotong royong, sinergi antara TNI dan rakyat serta komitmen untuk memperkuat pertahanan negara.

“Saya percaya bahwa dengan adanya sinergi antara TNI, Pemerintah Daerah, dan Masyarakat, kita dapat menciptakan lingkungan yang aman, damai, dan sejahtera di Kepulauan Bangka Belitung,” ujarnya.

“Peresmian ini membuktikan komitmen kita untuk membangun pertahanan yang tangguh dan solid,” tambah Safrizal.

Sementara itu, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar Adil mengatakan hal ini menjadi sejarah baru bagi Kodam ll/Sriwijaya maupun Bangka Belitung dimana terjadi peningkatan satuan dari Subdenpom ll/4-2 Bangka menjadi Denpom ll/5 Bangka dan Subdenzibang 03.1/ll menjadi Denzibang 5/ll Bangka.

“Secara organisasi, Denpom ll/5 ini berada di bawah Pomdam ll/Sriwijaya dan Denzibang 5/ll dibawah Zidam ll/Sriwijaya namun untuk operasionalnya dibawah koordinasi Danrem 045/Gaya,” katanya.

Lanjutnya, untuk diketahui, penyesuaian organisasi ini merupakan bagian rencana strategis TNI AD dalam rangka pembangunan kekuatan untuk mencapai Minimum Essential Force (MEF), sekaligus mewujudkan organisasi Polisi Militer dan Zeni TNI AD yang modern, efektif, efisien dan profesional.

“Sehingga dengan peningkatan organisasi ini jajaran Kodam ll/Sriwijaya dapat lebih adaptif dan dinamis dalam menghadapi tuntutan atau tantangan tugas seiring dengan perkembangan lingkungan strategi global,” jelasnya.

Bagi TNI AD khususnya Kodam II Sriwijaya, peresmian kesatuan ini memiliki makna yang strategis karena tidak hanya dalam peningkatan optimalisasi, namun juga dalam rangka mewujudkan pengamanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Oleh karena itu kepada pejabat yang baru, Yanuar Adil berpesan untuk terus membina sinergitas dan kerjasama, sehingga keberadaan TNI AD bermanfaat bagi semua lini.

“Begitupun kepada seluruh personel, kalian juga harus terus beradaptasi dengan tugas dan tanggung jawab satuan yang lebih besar dan pegang citra TNI,” tegasnya.

“Selaku Pangdam ll/Sriwijaya, saya juga menitipkan anak buah saya disini selayaknya orang tua terhadap anak karena pada dasarnya mereka juga putra-putri bangka belitung,” sambungnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut PJ.Gubernur Kep. Babel, Danrem 045/Gaya, Kapolda Kep.Babel, Kajati Babel, Kapoksahli Pangdam dan Ibu, Asisten Logistik Kasdam II/Swj, Asisten Perencanaan Kasdam II/Swj, Kasrem 045/Gaya, Kabinda Babel, Danlanud H.AS. Hanandjoeddin,Para kasi Kasrem 045/Gaya, Para Dandim Jajaran Korem 045/Gaya, Danlanal Babel,
Kazidam ll/Swj, KA. Bakamla BabelBa
Kabasarnas Prov. Babel, Ketua Persit KCK Daerah ll/Sriwijaya, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 045 PD ll/ Sriwijaya dan lainnya.(chu)