Gerakan Semarak Babel, Upaya Pengendalian Inflasi

PANGKALPINANG, LASPELA – Program Gerakan Semangat Menanam Rakyat Bangka Belitung atau Semarak Babel sudah dicanangkan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) untuk pengendalian inflasi.

Sempat menjadi wilayah tertinggi dalam inflasi, Babel kini sedang mengintruksikan kepada seluruh masyarakat untuk menaman, baik holtikultura atau menanam tumbuhan yang berumur pendek atau pun panjang.

“Programnya yaitu menanam memproduksi atau ketersediaan bapok salah satunya dengan cara menanam, seperti bawang-bawangan, cabai hingga sayur-sayuran,” ujar Penjabat (Pj) Gubernur Babel, Safrizal, Senin (19/2/2024).

Meskipun inflasi sempat tinggi akhir tahun, pada akhir Januari Babel berhasil merebut posisi terbaik dalam pengendalian inflasi dan tidak masuk sebagai wilayah terburuk dalam penanganan inflasi.

“Babel menjadi terbaik dengan inflasi terendah se-Indonesia, karena disamping ada kegiatan ada program, soal penanganan inflasi yang kita kasih strategi ada affability distribusi dan affordability ketersediaan. Rapinya distribusi dan keterjangkauan beli dari masyarakat ditunjang oleh melemahnya sektor timah ilegal di Babel sehingga mendukung upaya kita dalam penanganan inflasi,” ujarnya.

Semarak Babel ini juga harus dilaksanakan besar-besaran, serta harus diatur distribusi, sehingga kebutuhan di Babel cukup. (dnd)