Dishub Segera Cek Kelaikan Angkutan Umum Jelang Mudik Idul Fitri 2024

PANGKALPINANG, LASPELA – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan melakukan
inspeksi keselamatan terhadap kendaraan umum (ramp check) dalam menghadapi Idul Fitri 2024, untuk memastikan kendaraan umum laik jalan.

Hal ini terungkap dalam rapat koordinasi terkait dengan Laporan Penyelenggaraan Audit dan Inspeksi Angkutan Umum dan Angkutan Barang yang digelar Dishub Babel, Senin (19/2/2024).

Kepala Dinas Perhubungan Babel Asban Aris yang diwakili Plt. Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Babel Lukmantara mengatakan, rapat ini untuk persiapan pemeriksaaan ramp check angkutan umum dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 2024 mendatang.

“Kita akan berkoordinasi dengan Dishub kabupaten/kota terkait dengan pelaksanaan ramp check di wilayah masing-masing. Untuk itu persiapan pemeriksaan angkutan lebaran dapat dilaksanakan mulai sekarang, dan kita melakukannya sesuai dengan kewenangan kita,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga akan memberikan stiker laik jalan dan kendaraan yang tidak laik jalan tidak diberikan stiker.

“Tahun 2013 lal5i kita sudah berikan stiker jadi kendaraan yang laik jalan dan sudah melalui proses pemeriksaan akan diberikan stiker laik jalan sedangkan kendaraan yang tidak laik jalan jangan diberikan stiker,” ungkapnya.

Sementara itu Plt. Kasi Angkutan dan Terminal Budi Yuharto menjelaskan bahwa pelaksanaan inspeksi keselamatan terhadap kendaraan umum akan dilaksanakan menjelang Lebaran tahun ini, sehingga kendaraan umum yang digunakan laik jalan.

“Dishub Babel dalam waktu dekat ini akan melakukan inspeksi keselamatan terhadap kendaraan umum (ramp check) dalam menghadapi Lebaran Tahun 2024, untuk memastikan kendaraan umum laik jalan,” katanya.

Ia mengharapkan pada saat dilakukan inspeksi keselamatan terhadap kendaraan umum (ramp check) pihaknya berharap adanya petugas penguji kendaraan turut serta dalam kegiatan tersebut.

“Pada saat pelaksanaan inspeksi keselamatan terhadap kendaraan umum (ramp check) tolong kami didampingi,” tutupnya.(chu)