Miego: Kebersihan Itu Harus Dipaksa!

PANGKALPINANG, LASPELA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang, Miego, menegaskan semua masyarakat harus peduli kebersihan. Selain untuk menciptakan suasana yang nyaman kebersihan juga dapat menjadikan masyarakat lebih sehat.

Memancing masyarakat sadar akan kebersihan,  Pemerintah Kota Pangkalpinang pun melaksanakan lomba kebersihan, dengan harapan masyarakat terbiasa menjaga kebersihan

“Dengan harapan lomba kebersihan dapat meningkatkan kesadaran kita ini akan kebersihan bisa muncul dan tinggi,” katanya, Jumat (16/2/2024).

Untuk membentuk kebiasaan masyarakat menjaga kebersihan, sehingga diharapkan nantinya lingkungan tetap tetjaga  bersih, asri dan nyaman.

“Kadang kebersihan harus dipaksa, sehingga kita akan sadar,” tegasnya.

Kedepan pihaknya akan meningkatkan regulasi yang sudah ada, untuk mendisplinkan semua warga peduli lingkungan. Seperti contohnya saja di Singapura, dimana peraturan kebersihan sangat ketat, ada denda jika buang sampah sembarangan.

“Bisa saja sistem seperti itu harus kita tiru, setiap yang buang sampah sembarangan akan didenda. Untuk itu kita ketatkan regulasi agar sadar dan cinta lingkungan,” ujarnya.

Yang terpenting saat ini, sambung Miego, bagaimana pemerintah memutar otak untuk dapat meningkatkan rasa peduli dan disiplin tanpa harus ada paksaan. (dnd)