Gotong Royong Akbar Bersih Pantai Bersama Anak Sekolah

PANGKALPINANG, LASPELA – Pemerintah Kota Pangkalpinang menggelar gotong royong akbar yang melibatkan beberapa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di sekitar Kecamatan Bukit Intan, di Pantai Pasir Padi, Jumat (16/2/2024).

Gotong royong akbar ini merupakan inisiasi dari Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pangkalpinang, Bartholomeus Soeharto mengucapkan terima kasih atas kebersamaan gotong royong hari ini.

“Kami DLH berterimaksih karena ke ikutsertaan anak-anak sekolah melakukan gotong royong kebersihan lingkungan. Seperti yang kita ketahui, kebersihan dan sampah merupakan kewajiban kita bersama, jadi tidak hanya pemerintah tapi juga masyarakat,” tuturnya.

Soeharto menyangkan pelaku usaha yang ada di sekitar Pantai Pasir Padi yang masih belum melek kebersihan, padahal tong sampah serta petugas kebersihan sudah dikerahkan.

“Pantai ini juga ada petugas sampah, tukang ambilnya ada, tapi sering sekali para pelaku usaha tidak memanfaatkan secara maksimal, ada yang bantu buang sampah pada tempatnya ada juga  yang belum. Coba untuk yang belum bantu tuh ya bantu, yang sudah teruskan, sehingga masyarakat yang datang kesini mau berwisata melihatnya bersih,” ujarnya.

Ia juga meminta kepada masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas tong sampah yang telah disediakan sepanjang jalan.

Selain itu, terkait lomba kebersihan kelurahaan saat ini telah sampai kepada tahap penilaian, pengumuman pemenang akan diumumkan pada awal Maret. “Gotong royong DLH salah satu penilaian dari kami, karena DLH sudah bilang ke kelurahan untuk melakukan gotong royong menjadi salah satu penilaian dari kami,” pungkasnya. (dnd)