Diisukan Menangkan Suara Partai dan Caleg Lewat Kades, Bupati Basel: Saya Netral, Tak Perlu Ditegasin Lagi

TOBOALI, LASPELA – Nama Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid kembali diterpa isu tidak sedap soal mengarahkan salah satu Kepala Desa (Kades) Keposang, Kecamatan Toboali untuk memenangkan suara partai dan calon legislatif dari salah satu partai politik.

Saat dikonfirmasi ia membantah jika dirinya mengarahkan Kades Keposang, Kenny Edwardi untuk berpolitik praktis dalam pesta demokrasi 2024 di Basel.

“Setahu saya tidak ada. Semua netral, normal, kondusif dan aman,” ucap Riza, Kamis (15/2/2024) malam.

Ia menegaskan, jika dirinya tetap bersikap netral dan untuk di Kabupaten Basel semua pelaksanaan pemilu 2024 berjalan aman dan terkendali.

“Khusus Basel semua aman terkendali dan baik baik saja. Saya harus netral, tidak perlu saya tegasin lagi,” ujarnya.

Ia meminta jika memang ada pelanggaran pemilu bisa dilaporkan ke tim penegakkan hukum terpadu (Gakkumdu) dengan melampirkan bukti-bukti yang benar dan konkrit, jangan hanya main berita biar adil.

“Kalau ada bukti lapor saja. Kita di sini ada Bawaslu, KPU dan aparat penegak hukum, jadi lengkap. Jadi jangan main berita, biar adil,” tandasnya.

Ia pun berharap, ciptakan situasi dan kondisi di Basel, karena perjuangan masih panjang untuk mensejahterakan masyarakat.

“Kalau bisa bikin aman-aman kondusif Basel ni, karena perjuangan masih panjang,” terangnya.

Terpisah, Kades Keposang, Kenny Edwardi saat dihubungi juga membantah adanya gerakan untuk mengarahkan kemenangan suara partai dan caleg di wilayah itu. Ia justru mempertanyakan informasi yang tidak jelas.

“Tidak jelas itu. Siapakah jadi narasumber,” elaknya. (pra)