Pastikan Pemilu Berjalan Lancar, Kapolres Basel bersama Forkopimda Terjun ke Sejumlah TPS

 

TOBOALI, LASPELA – Kapolres Bangka Selatan, AKBP Trihanto Nugroho bersama Forkopimda dan Ketua KPU Kabupaten Bangka Selatan melakukan pengecekan lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam rangka Pemilu Tahun 2024 di wilayah hukum Polres Bangka Selatan (Basel), Rabu (14/2/2024).

Lokasi TPS yang pertama dikunjungi Kapolres Bangka Selatan seperti TPS 01 (Gedung Nasional), TPS 02 halaman Gereja Stella Moris, TPS 12 (jalan AMD) dan TPS 15 samping kantor Bawaslu.

Trihanto mengatakan, adapun tujuan dari kunjungan tersebut yakni untuk melihat secara langsung jalannya pemungutan suara dan personel pengamanan di TPS.

“Selain itu kita juga ingin mengetahui ada tidaknya permasalahan di TPS sehingga apabila ada permasalahan dapat segera dicarikan jalan keluarnya karena ketua KPU ikut juga dalam kegiatan ini,” kata Kapolres.

Mantan Kasubdit 3 Jatanras Polda Babel ini juga memberikan arahan kepada petugas pengamanan agar selalu berkoordinasi dengan anggota KPPS apabila ada kendala pada saat pemilihan.

“Apabila ada hambatan hal yang bersifat teknis, lakukan koordinasi dengan petugas KPPS secepatnya sehingga dapat terselesaikan dengan cepat,” ucapnya.

Selain itu, Trihanto juga meminta kepada petugas pengamanan TPS dan juga KPPS untuk menjaga kesehatan dan keselamatan dalam melaksanakan tugas.

“Jaga kesehatan paling utama dalam menjalankan tugas sehingga saat di lapangan tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” tukasnya.

Ia juga menyebutkan, pengamanan Pemilu 2024 ini, Polres Bangka Selatan menerjunkan 254 personel, terdiri dari 204 personel gabungan Polres dan Polsek serta 60 personel BKO Gabungan Brimob dan Samapta Polda Babel untuk melaksanakan pengamanan pemungutan serta perhitungan suara pemilu 2024 di 555 TPS yang tersebar di wilayah hukum Polres Bangka Selatan.

“Berdasarkan pengklasifikasian tugas yang sudah dilakukan, setidaknya dalam 555 TPS yang diamankan nanti dapat dibagi menjadi 3 kategori. Yaitu kurang rawan 511 TPS, rawan 40 TPS dan sangat rawan 4 TPS,” pungkas Trihanto. (pra)