Pantau Persiapan Pemilu 2024, Pj Wali Kota Keliling ke Tujuh TPS

PANGKALPINANG, LASPELA – Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan memantau persiapan Pemilu 2024 ke tujuh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Pangkalpinang, Selasa (13/2/2024).

Pemantauan tersebut Lusje didampingi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang Miego, Kepala Kesbangpol Kota Pangkalpinang, Donald Tampubolon, Kepala Inpektorat Syahrial, Kepala Polresta Pangkalpinang, Gatot Yulianto dan seluruh jajaran forkopimda lainnya, dan Ketua Bawaslu Kota Pangkalpinang dan KPU Kota Pangkalpinang.

Tujuh TPS tersebut ialah TPS 04 Kelurahan Rejosari Kecamatan Pangkal Balam, TPS 07 Kelurahan Pasir Garam Kecamatan Pangkal Balam, TPS 17 Gabek II, TPS 14 Gabek I, TPS 5 Gerunggang, TPS 06 kelurahan Batin Tikal dan TPS 09 Girimaya.

Melihat semua TPS secara langsung, Lusje mengaku takjub dengan semua petugas yang ternyata bisa menejelaskan satu persatu bagaimana proses pemilihan. “Semua petugas sudah mengerti, Insha Allah kami yakin mereka siap menjalankan tugasnya besok,” tuturnya.

Ia memohon kepada seluruh masyarakat untuk berdoa kelancaran Pesta Demokrasi yang dilaksakan besok. “Insha Allah, kalau Allah memberkahi pasti semua berjalan lancar,” ujarnya.

Ia mengimbau semua masyarakat untuk dapat datang dan memilih, karena itu adalah cara untuk kita memberikan suara kita menentukan Indonesia ke depan.

“Satu suara itu menentukan siapa-siapa saja yang bisa duduk menjadi wakil kita, baik DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan Kota serta Presiden dan Wakil Presiden,” tuturnya.

Ia berharap mudah-mudahan partisipasi pemilu 2024 melebihi Pemilu sebelumnya.  “Menurut beberapa informasi pada Pemilu 2019 kemarin, partisipasi masyarakat dapat melebihi 80 persen, dan tahun ini kita berharap lebih dari tahun itu,” ulasnya.

Ia juga optimis jika Pemilu di Pangkalpinang dan Bangka Belitung aman damai dan lancar agar hasil Pemilu 2024 maksimal.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Pangkalpinang, Sobarian mengaku bahagia dengan bentuk perhatian Pj Wali Kota yang mau memantau TPS di Kota Pangkalpinang.

“Beliau sudah melihat dan mengunjungi teman-teman KPU dan beliau juga sangat antusias bertanya kepada Ketua KPPS bagaimana proses pemilihan, dan Alhamdulillah teman-teman KPPS pun lancar menjawabnya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketus Bawaslu Kota Pangkalpinang Imam Ghozali mengapresiasi kebijakan Pj Wali Kota yang mau ikut memantau tujuh sample TPS bersama dengan stakeholder terkait.

“Tentu kekurangan-kekurangan yang ada di setiap TPS kita harapkan dapat diselesaikan,” ujarnya.(adv/dnd)