Pimpin Apel Persiapan Pengamanan TPS Pemilu 2024, Pj Wali Kota Ingatkan Lima Hal Ini

PANGKALPINANG, LASPELA – Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang Lusje Anneke Tabalujan menjadi Pembina Apel Gabungan Persiapan Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024. Hal ini untuk mendukung lancarnya, aman dan nyamannya Pemilu 2024 di Kota Pangkalpinang, Jumat (9/2/2024).

Lusje mengatakan Pemilu sebagai wujud penerapan negara demokrasi. “Pemilu pun sebagai proses dan instrumen untuk tujuan demokrasi yaitu terwujudnya masyarakat sejahtera, adil dan makmur,” katanya.

Ada lima hal yang ditekankan oleh Lusje, ialah harus ada peranan aktif semua untuk bangsa, sesuai tugas dan fungsi masing-masing, karena Pemilu Damai adalah sebuah keharusan.

Untuk itu Pemerintah Kota Pangkalpinang memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih  kepada jajaran forkopimda, semua OPD, pimpinan dan anggota Parpol, ormas dan segenap masyarakat.

Lalu, kedua ialah netralitas TNI, Polri dan ASN harus terus diwujudkan dan saling mengingatkan.

“Netralitas yang didasarkas atas semangat sadar Pemilu, harus terus kita wujudkan,” tegasnya.

Ketiga, persiapan teknis menjelang Pemilu, khususnya oleh jajaran penyelenggara Pemilu. “Harus perlu di cek da ricek, kita tentu selalu siap untuk membantu tertib penyelenggaraan Pemilu di hari H,” ingat Lusje.

Lalu, wajib mendukung bersama untuk menigkatnya partisipasi politik masyarakat, terutama dengan hadirnya di TPS dan menggunakan hak pilihnya.

Terakhir pelayan publik seperti Kesehatan dan Disdukcapil tetap buka selama hari pemungutan suara.

“Saya mohon doa dan dukungan masyarakat untuk pesta demokrasi yang aman dan damai,” tutupnya. (dnd)