Panwascam Mentok Gelar Rakernis Penggunaan Siwaslu

BANGKA BARAT, LASPELA – Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Mentok, Kabupaten Bangka Barat (Babar), Provinsi Bangka Belitung (Babel) menggelar rapat kerja teknis (Rakernis) bersama anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dan Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) dengan tema Tata Cara Pengisian Siwaslu. Acara berlangsung Jumat (9/2/2024) di Gedung Serba Guna (GSG) Camat Mentok yang diikuti 145 anggota PTPS dan 9 anggota PKD. Setelah Rakernis ini, para pengawas pemilu  diharapkan tidak lagi kesulitan mengoperasikan aplikasi sistem pengawas pemilu (Siwaslu).

“Siwaslu aplikasi khusus untuk laporan, kenapa harus kami lakukan bimtek, supaya PTPS tidak kesulitan dalam mengakses dan pelaporan terhadap kegiatan mereka di lapangan. Karena sistem ini, sudah berapa kali kami coba ada yang gagal, makanya kami coba terus,” kata Ketua Bawaslu Babar, Deni Ferdian.

Dikatakan Deni, hari ini baru dua Kecamatan yang melakukan Rakernis penggunaan aplikasi Siwaslu. Selaku ketua, ia berpesan ke seluruh pengawas untuk dapat menjalankan tugas sebaik mungkin.

“Bertahap, hari ini baru di Mentok dan Jebus, besok di kecamatan lain. Pesan saya, terutama jaga kesehatan menghadapi pemilu nanti, gunakan pengawasan sesuai regulasi yang ada, jangan sesuai asumsi,” ucapnya. (oka)