Logistik Pemilu 2024 Sudah Lengkap, Pangkalpinang Siap Sambut Pesta Demokrasi

PANGKALPINANG, LASPELA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pangkalpinang melakukan pengawasan terkait logistik Pemilu di Kota Pangkalpinang. Dari pengawasan tersebut logistik untuk Pemilu nanti 100 persen sudah aman dan siap disediakan untuk masyarakat.

Ketua Bawaslu Kota Pangkalpinang, Imam Ghozali mengatakan, dari hasil pengawasan pihaknya ke gudang logistik, semua sudah aman, gedungnya pun sesuai dengan standarisasi.

“Dari gudang logistik ini KPU Kota Pangkalpinang sudah aman, di gudang logistik yang dipakai Kota Pangkalpinang, telah memenuhi standarisasi karena dari beberapa tempat lain, ada gudang logistiknya ada bocor atau masalah lain. Tapi untuk di Kota Pangkalpinang aman terkendalai,” katanya, Jumat (9/2/2023).

Dari hasil pengawasan jumlah surat suara untuk Capres dan Cawapres itu sebanyak 164.983 surat suara, dari hasil sortir terdapat 109 surat suara rusak dan sudah diganti 119 surat suara, lebih banyak 10 surat suara dari yang diajukan.

Surat suara Pemilu anggota DPD, DPR RI , dan DPRD Provinsi dan DPRD Kota surat suara totalnya sama dengan total jumlah Capres dan Cawapres yaitu 164,983.

“Untuk surat suara, DPD yang kurang rusak berjumlah 394 dan sudah diterima KPU 394. Lalu DPR RI kita minta yang diperbaiki atau dicetak ulang sebanyak 516 dan sudah dikirimkan dengan jumlah yang sama,” sebutnya.

Sementara DPRD Provinsi jumlah pengajuan diperbaiki atau dicetak ulang sebanyak 280 surat suara dan sudah dikirimkan 280 surat suara, lalu DPRD Kota, dengan kekruangan kerusakaan 244 surat suara dan susdah dikirimkan kembali surat suara dengan jumlah sama.

“Sehingga total surat suara yang ada di gudang logistik audah sesuai dengan apa yang dituangkan didalam berita acara KPU tertanggal 28 januari 2024,” imbuhnya.

Berikutnya, ada bilik suara dengan jumlah pengadaan 2.488 jumlah yang diterima itu sebanyak 2.488. Kemudian Kotak Suara, jumlah pengadaan 3.124 dan diterima sama dengan kondisi baik.

Lalu, segel kertas jumlah pengadaan 59.836 yang diterima sejumlah sama dengan kondisi baik. Tinta jumlah pengadaan 1.244 yang diterima 1.254, sehingga terjadi penambahan 10 botol untuk tinta. Segel plastik, jumlah pengadaan 16.172 16.172 dan segel plastik keadaan baik.

“Tanda pengenal semacam alat-alatnya seperti dari paku, tandan pengenal, pena biru, karet gelang, kantong plastik, tali paku, lem tembak, kotak suara dan lainnya,” tukasnya.

“Bedasarkan ini, sudah menjadi satu paket, satu kesatuan berdasarkan jumlah paket sesuai TPS Kota Pangkalpinang,” tuturnya. (dnd)