Blanko KTP Tersedia, Bikin KTP Langsung Jadi

PANGKANPINANG, LASPELA – Sebanyak 6.000 blanko Kartu Tanda Penduduk (KTP) telah disiapkan oleh Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang akan membuat KTP, terlebih pada jelang Pemilihan Umum (Pemilu) pada 14 Februari mendatang.

Kepala Disdukcapil Kota Pangkalpinang, Darwin menyebutkan, sebelumnya Disdukcapil sempat kekurangan blanko, dan akhirnya berhasil mendapat 6 ribu blanko  dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Jadi kesiapan kita untuk menghadapi Pemilu ini sangat cukup, bahkan lebih. Karena sehari itu kita bisa mencetak hingga 200 KTP dengan stok 6.000an sekarang berarti sampai Maret kita masih punya stok,” katanya, Kamis (8/2/2024).

Sehingga kepada masyarakat yang baru mau bikin KTP langsung bisa jadi hari itu juga, tanpa harus bolak-balik di hari berikutnya. Hal ini tentu saja memudahkan masyarakat.

“Kami juga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang akan memasukan usia 17 tahun, untuk segera melakukan perekaman KTP, sehingga pas dia susah 17 tahun langsung bisa ambil KTP,” tuturnya. (dnd)