Sambut Imlek, Pengurus Kelenteng Kong Fuk Miau Mulai Lakukan Persiapan

BANGKA BARAT, LASPELA – Kelenteng Kong Fuk Miau yang terletak di Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat (Babar) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mulai dibersihkan, untuk menyambut perayaan Imlek 2575, yang akan jatuh pada 10 Februari 2024 mendatang.

Juru pelihara kleteng Kong Fuk Miau, Paularita menyampaikan, pembersihan dan pengecatan ulang dilakukan setelah penghuni Kelenteng keluar, yakni 2 pekan sebelumnya perayaan Imlek. Kegiatan ini merupakan tradisi turun-temurun dari para leluhur setiap tahunnya.

“Kalau persiapannya sudah dari dua minggu yang lalu, namun untuk acara yang lebih resminya baru kemarin yaitu pencucian klenteng dan segala altar, ibaratnya bedah rumah lah ya,” katanya Selasa (6/2/2024).

Adapun kegiatan pembersihan ini diprioritaskan pada keberadaan meja altar, patung dewa-dewi yang ada di seluruh bagian Kelenteng serta beberapa peralatan ibadah lainnya.

Kelenteng Kong Fuk Miau yang sudah berdiri sejak tahun 1820 ini, juga akan membagikan sejumlah bantuan kepada orang yang membutuhkan, yang sebelumnya telah disumbangkan beberapa donatur.

Selanjutnya dikatakan Paularita, pada tahun naga kayu ini, menurut kepercayaan umat konghucu merupakan tahun pembangunan, sehingga diharapkan rejeki dan kesehatan terus mengalir keseluruh umat manusia.

“Tahun ini naga kayu, dan merupakan tahun dipercaya pembangunan. Jadi diharapkan pembangunan dapat berjalan lancar dan berkembang serta selalu diberikan rejeki dan kesehatan,” ucapnya. (oka)