BPS Lakukan EPSS, Evaluasi Kegiatan hingga Menjadi Rencana Kerja Perbaikan

PANGKALPINANG, LASPELA –  Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pangkalpinang memberikan penjelasan terkait manfaat Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) yang telah diatur dalam Peraturan Badan Pusat Statistik nomor 3 Tahun 2022 ke Lingkup Pemerintah Kota Pangkalpinang.

Kepala BPS Kota Pangkalpinang, Dewi Savitri mengatakan jika data dilakukan evaluasi maka setiap proses perbaikan mengarahkan kepada rencana kerja perbaikan.

EPSS merupakan suatu proses penilaian secara sistematis melalui verifikasi dan validasi informasi terhadap hasil penilaian mandiri untuk mengukur tingkat kematangan penyelenggaraan Statistik Sektoral.

“Data-data yang ada itu layak dibagikan, jadi bukan hanya untuk kepentingan kita sendiri, tapi mempunyai standart yang sama dan bisa kita bandingkan secara nasional dan secara internal,” katanya, Senin (5/2/2024).

Untuk penilaian sendiri ada beberapa kelompok, ialah nilai kurang, cukup, baik, sangat baik, dan memuaskan. Dari kelompok ini target reformasi, birokrasi ada pada kelompok baik.

“Tadi saya juga meminta kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang, untuk dapat mendukung beberapa strategi, yang kita lakukan untuk meningkatkan nilai setiap kelompok. Pertama adalah peran wali data bagaimana mengeluarkan kebijakan-kebijakan untuk seluruh OPD, sehingga nilainya bisa masuk naik ke level tiga,” katanya.

Kemudian yang kedua forum data, forum data kita lakukan untuk monitoring dan sosialisasi untuk kegiatan penyelenggaraan statistik dan dilakukan evaluasi, maka data kegiatan tersebut  bisa naik ke level 4.

Ia juga mengatakan jika sebagus-bagusnya Perangkat Daerah (PD) maka dia hanya sampai kepada level 2. “Namun kalau kita bisa mempunyai kebijakan pedoman yang standartnya untuk seluruh PD maka bisa masuk ke level 3 dan jika kita evaluasi secara rutin maka untuk forum data itu bisa naik ke-empat,” sebutnya.

Dewi yakin Pemerintah Kota Pangkalpinang telah melakukan semuanya, hanya saja butuh bukti dukungnya pemberkasannya. “Sehingga saya harap sekali bapak ibu sebagai produsen data ini bisa kita siapkan untuk lebih baik lagi,” imbuhnya.

Sementara itu Rangkaian EPSS akan dilangsungkan pada Februari hingga September 2024. (dnd)