Ada Darah Tidak Lolos Screening, PMI Bantu Pedonor untuk Lebih Peduli terhadap Kesehatan

PANGKALPINANG, LASPELA – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pangkalpinang mempunyai empat screening penyakit yang diberlakukan pada darah hasil donor dari pendonor sebelum diberikan kepada penerima.

Kepala Bidang Pencarian Pelestarian Donor Darah Sukarela (P2D2) Merinda Sukmawati mengatakan, dari screening darah pasti ada darah yang ditemukan empat penyakit HIV, Sipilis, HBSHG atau Hepatitis B surface antigen dan hepatitis C.

Biasanya ketika pihaknya menemukan screening kemungkinan adanya ke empat penyakit ini, pihaknya langsung menghubungi pendonor.

“Karena kita PMI bukan pemberi hasil diagnosa, kita hanya men-screening darah agar darah itu layak untuk disalurkan ke pasien, maka jika ditemukan kami langsung hubungi pendonor tersebut,” katanya, Senin (5/2/2024).

Pihaknya berharap bagi yang ditemukan screening empat penyakit itu, segera  cek ulang kesehatannya di tempat lain, untuk diagnosa apakah positif atau tidak pihaknya menyerahkan ke Rumah Sakit dan dokter yang bisa mendiagnosis.

“Kita hubungi dan kasih tahu, pertama agar dia bisa menyadari dan peduli untuk dirinya sendiri, mau cek ketempat lain dan memeriksakan dirinya, kita jadwalkan juga mereka untuk konseling ke dokter,” ulasnya.

Merinda mengatakan jika menemukan kasus tersebut biasanya pihaknya langsung melaporkan ke Dinkes Kota atau Provinsi terkait. (dnd)