Tanamkan Peduli Sampah, Pemkot akan Nilai Sekolah Terbersih

PANGKALPINANG, LASPELA – Pemerintah Kota Pangkalpinang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pangkalpinang, terus berupaya menanamkan rasa kepedulian  kebersihan lingkungan kepada anak-anak diawali dengan kebersihan sekolah.

Kepala Dindikbud Kota Pangkalpinang Erwandy mengatakan, saat ini pihaknya bekerja sama dengan DLH untuk melakukan penilaian terkait kebersihan sekolah yang ada di Kota Pangkalpinang, baik TK, SD dan SMP.

“Kita ada penilaian sekolah bersih, otomatis sekolah itu akan membersihkan  lingkungan sekitar, karena akan ada penilaian yang dilakukan oleh DLH melalui kita juga. Jadi diharapkan dari penilaian ini juga memotivasi seluruh sekolah untuk sisi kebersihannya,” tuturnya, Sabtu (3/2/2024).

Salah satu alternatif agar siswa bisa semangat dalam kebersihannya ialah dengan membentuk Bank Sampah, kebetulan ada beberapa sekolah yang sudah menjadi nasabah di Bank Sampah sekitar sekolahnya.

“Anak-anak dan guru ngumpulin sampah plastik yang bisa didaur ulang dan nanti diserahkan ke UPT sampah sini, nanti mereka ditimbang lalu ditabung, nanti setelah 6 bulan kedepan baru diambil,” ulasnya.

Penilaian kebersihan sekolah dilakukan langsung oleh DLH, dan ada sistem reward dan punishment kepada sekolah yang bersih dan kotor.

“Rewardnya dari kami ada, dari Pemkot Pangkalpinang juga ada. Mudah-mudahan dengan ini sekolah-sekolah semangat dalam menjaga kebersihan sekolahnya,” tuturnya. (dnd)