Lusje: Guru Jangan Judge Anak Tidak Mampu

PANGKALPINANG, LASPELA – Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang Lusje Anneke Tabalujan menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) SD Negeri 6 Kota Pangkalpinang, dengan tema Sukseskan Pendidikan Karya Kolaborasi dan Inovasi Sixgab Kota Pangkalpinang, Sabtu (3/2/2024).

Dalam sambutannya Lusje menyampaikan beberapa point yang ditunjukkan kepada guru dan orang tua, dalam membentuk karakter anak bangsa.

“Pemerintah Kota Pangkalpinang melihat bagaimana proses pembelajaran  dan yang ada di sekolah, itu terus kita kawal betul, karena ibu guru dan orang tua pasti tahu generasi sekarang akan menentukan Indonesia masa depan,” katanya.

Tugas guru sebagai tenaga pendidik sangat berat dan mulia, dan di tangan guru lah pemerintah berharap dapat membentuk karakter bangsa.

“Dengan cara paham betul bagaimana mendekatkan diri kepada anak. Saya sampaikan juga kepada ibu dan bapak guru jangan nge-judge (menghakimi) anak tidak mampu, jangan ada kata tidak mampu,” ingatnya.

Lusje menambahkan, anak mempunyai karakter yang berbeda-beda, tentu itu menjadikan tantangan bagi para pendidik untuk memahami sifat dan perilaku anak didiknya.

Peran orang tua juga diperlukan, Lusje mengingatkan meskipun orang tua bekerja tetap luangkan waktu untuk anak.

“Orang tua yang bekerja tolong sempatkan waktu untuk mendidik anaknya, baik dari sisi akhlak, keterampilan, dan pengetahuannya juga,” pesannya. (dnd)