Kendalikan Inflasi, 20 Ribu Bibit Cabai Ditanam di Belakang Kantor Bupati Bangka

SUNGAILIAT, LASPELA — Penjabat (Pj) Gubernur  Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Safrizal Zakaria Ali melakukan penanaman pohon cabai serentak di halaman belakang Kantor Bupati Bangka, Jumat (2/2/2024).

Safrizal mengatakan, penanaman pohon cabai ini sebagai salah satu upaya dalam rangka pengendalian inflasi di Babel.

“Berdasarkan data akhir rilis resmi BSP Pusat dan Provinsi, tingkat inflasi kita 1,21 persen. Angka ini jauh dibawah rata-rata nasional dan itu adalah yang paling rendah se-Indonesia,” kata Safrizal.

Data ini, sebutnya melalui banyak analisis dan indikator uraian yang diantaranya melalui sektor perhubungan transportasi, pangan, ekspor impor dan lain sebagainya.

“Saya minta kepada seluruh bupati/walikota, biasanya memenangi itu lebih mudah dari mempertahankan, ini yang harus dilakukan,” pintanya.

“Karena kita wilayah kepulauan, jadi ini bisa kita suplai termasuk Kota Pangkakalpinang yang memang kekurangan lahan untuk menanam cabai,” ujar Haris.

Dia menjelaskan, penanaman pohon cabai ini akan dijadikan gerakan kontinyu baik oleh para ASN serta juga masyarakat untuk membangkitkan kembali penanaman cabai kepada masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Bangka sekaligus Ketua Pelaksana, Syarli Nopriansyah mengatakan, penanaman pohon cabai yang dilaksanakan hari ini sebanyak 20 ribu pohon yang melebihi target awal sebanyak 10 ribu bibit cabai.

“Penanaman ini dilakukan serentak oleh seluruh ASN, tenaga kontrak, perangkat desa se-Kabupaten Bangka, yang dipusatkan di sini,” ujarnya.

Menurutnya, penanaman ini dilakukan sebagai upaya pengendalian inflasi yang terjadi khususnya di Babel dan menjadi topik utama dalam beberapa bulan kemarin. (mah)