ISEI Babel Berkontribusi Sumbang Penelitian dan Pemikiran dalam Akselerasi Pembangunan Ekonomi

PANGKALPINANG, LASPELA – Ketua Dewan Pengurus Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEl) Bangka Belitung (Babel), Dr. Reniati menyebutkan ISEI Babel selama ini telah berperan aktif memberikan kontribusi berupa hasil penelitian, pemikiran dan rekomendasi kepada pemerintah  daerah dalam mengakselerasi  pembangunan ekonomi daerah di Babel.

“Pada tahun 2024, terdapat beberapa program kerja yang akan dilaksanakan ISEI Babel seperti pelatihan, publikasi dan sertifikasi kompetensi  pengembangan organisasi, akademi dan profesi. Promosi pariwisata berbasis masyarakat  dan  konservasi alam pasca- pandemi, serta peningkatan literasi masyarakat terhadap produk dan jasa keuangan,” katanya, Kamis (1/2/2024).

Sementara, Ketua Dewan Penasehat ISEI Bangka Belitung yaitu Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, yang diwakili oleh Plt. Asisten ll Bidang   Perekonomian dan Pembangunan, Ahmad Yani menyampaikan bahwa ISEl harus hadir secara langsung di masyarakat.

“Dan kita minta mereka terus bersinergi dengan pemerintah daerah salah satunya ikut serta menyemarakkan program Semangat Menanam Rakyat Bangka Belitung (Semarak Babel)berupa pemanfaatan lahan kosong untuk ditanami pohon dan hortikultura,” jelasnya.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rommy Sariu Tamawiwy mengatakan Bank Indonesia telah dan akan terus bersinergi dengan ISEl Babel dalam mengimplementasikan program kerja tahun 2024

“Kerja sama ini antara lain dalam program pengembangan UMKM, ekonomi keuangan syariah, digitalisasi sistem pembayaran, serta program-program pengendalian inflasi daerah,” ungkapnya.

Dia menambahkan, Dewan Penasehat menekankan pentingnya peran ISEI dalam memberikan manfaat konkret bagi kemajuan ekonomi masyarakat.

“Manfaat tersebut salah satunya diwujudkan melalui kajian ilmiah yang nantinya didiseminasikan kepada publik dan menjadi masukan dalam perumusan kebijakan Pemerintah Daerah,” tutupnya.

Turut hadir pula sejumlah anggota Dewan Penasehat  ISEl Babel yaitu Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Rommy Sariu Tamawiwy, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal  Perbendaharaan, Edih Mulyadi dan Kepala BPS, Toto Haryanto Silitonga, serta  Ketua Dewan Pengawas ISEl Babel, Mimpin Sitepu.(chu)