Disperindag Tanam 100 Bibit Cabai di Pekarangan Kantor

 

PANGKALPINANG, LASPELA – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepuluan Bangka Belitung, menanam 100 buah pohon bibit cabai di sekitar Kantor Disperindag Provinsi Babel.

Hal ini dilakukan dalam upaya mendukung program gerakan “Semarak Babel” (Semangat Menanam Rakyat Bangka Belitung) yang dilakukan oleh Penjabat (Pj). Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safrizal.

Penanaman bibit cabe tersebut, telah dilakukan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel Tarmin, Sekdis Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel Deki Susanto, dan Kabid, serta pegawai di lingkup Disperindag Provinsi Babel, dengan memanfaatkan lahan kosong di Rumah Dinas Gubernur sebagai percontohan, Kamis (1/2/2024).

Dalam hal ini, Sekdis Disperindag Babel Deki Susanto mengatakan tujuan utama penanaman cabe adalah menekan laju inflasi di Provinsi Kepulauan Babel dan kebijakan tersebut juga telah dilaksankan oleh Pj. Gubernur Babel Safrizal.

“Sebelum menanam bibit cabe di ruang taman yang berada di tengah Kantor Disperindag Provinsi Babel, lahanya dibersihkan terlebih dahulu,” ujarnya.

Setelah itu, mengumpulkan media tanam, seperti tanah dan sekam serta polybag, kemudian dilakukan penanaman bersama-sama oleh seluruh pegawi Disperindag Provinsi Babel.

Kegiatan ini menurutnya, langkah nyata mendukung kebijakan Pj Gubernur Babel menekan inflasi di Babel, dengan memanfaatkan lahan perkantoran yang kosong untuk di tanam cabe.

Sementara, Dikoordinatori Sekdis dan Kabid FUI Supianto, menjelaskan penanaman serentak pohon bibit cabe, selain menjadi ajang silaturahim dan juga ajang mengakrabkan diri sesama pegawai Disperindag Babel, juga hasilnya nanti juga bisa dinikmati oleh pegawai.

“Terima kasih atas partisipasi kawan-kawan Disperindag Babel. Baik tenaga maupun sumbanganya dan juga Dinas Pertanian Babel. Kita juga ada sekitar 60 pohon bibit cabe yang akan ditanam dan masih proses pemesanan. Jika ada kita tanam,” jelasnya.

Penanaman tersebut, dilakukan hal yang sama oleh UPTD. Disperindag Provinsi Babel dan UPTD. RPK Disperindag Provinsi Babel dengan melibatkan seluruh pegawainya.(chu)