Sebanyak 3.342 Orang Pindah Jiwa ke Bangka Barat Setahun Terakhir

BANGKA BARAT, LASPELA – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bangka Barat (Babar) mencatat sebanyak 3.342 orang pindah jiwa ke Babar. Perpindahan penduduk ini dikarenakan pekerjaan dan paling banyak dari luar pulau Bangka, di antaranya dari Sumsel dan Jawa.

“Per 1 Januari 2023 sampai 29 Januari 2024, yang pindah dari Bangka Barat 3.287 jiwa, kemudian yang datang 3.342, jadi bisa dibilang berimbang lah ya,” kata Kabid PIAK dan Pemanfaatan Data, Disdukcapil Babar, Asrin Utiarahman, Selasa (30/1/2024).

Untuk jumlah penduduk Bangka Barat sendiri, saat ini berjumlah 214.428 jiwa dan 149.499 jiwa sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), sementara sisanya masih usia anak-anak.

Selain mendata perpindahan penduduk, Disdukcapil juga sedang fokus melakukan perekaman e-KTP bagi pemilih pemula yang akan menyumbangkan hak suaranya pada Pemilu tanggal 14 Februari 2024 nanti.

“Untuk terkait pemilu, kami sedang mengawasi 13 orang penduduk yang memiliki kelahiran di tanggal 14 februari. Jadi ada 7 orang sudah melakukan perekaman dan 6 belum,” ucapnya.

Asrin mengatakan, untuk 6 orang yang belum melakukan perekaman itu, akan segera ditangani oleh petugas UPT Kecamatan, supaya nanti bisa menggunakan hak suaranya.

“Hasil analisa kami dari sistem itu ada 2 di Mentok, 2 dari Parittiga dan 1 simpag Teritip, kemduian 1 dari Tempilang. Itu alamat sudah tau, dan kami sudah menugaskan petugas upt untuk melakukan perekaman,” katanya.

Disdukcapil Bangka Barat, meminta kepada warga yang hendak pindah domisili, agar segera melapor ke pihaknya, supaya segera didata dan dilakukan perubahan Kependudukan. (oka)