Satu Bulan Beroperasi, Samsat Drive Thru Telah Kumpulkan Rp400 Juta Pajak Kendaraan

PANGKALPINANG, LASPELA — Pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Drive Thru di lingkungan perkantoran Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) yang baru diresmikan tadi siang, ternyata telah menghasilkan pajak kendaraan sebesar Rp400 juta.

Hal ini dikarenakan, sebelum diresmikan Samsat Drive Thru ini telah terlebih dahulu beroperasi mulai 2 Januari 2024 lalu.

Kepala Bakuda Babel, M.Haris AR AP  mengatakan tujuan samsat drive thru di lingkungan perkantoran Pemprov Babel ini karena mengingat jumlah masyarakat yang ada di kompleks perkantoran ini cukup banyak, sehingga masyarakat mudah untuk membayar pajak tanpa harus turun dari kendaraan.

“Dan ini terbukti kurang lebih dari 1 bulan terhitung dari tanggal 2 Januari 2024 sampai dengan 29 Januari 2024 samsat drive thru sudah melayani pembayaran sebanyak 416 unit kendaraan dengan realisasi pokok PKB kurang lebih sebesar Rp400 juta,” ujarnya, usai peresmian, Selasa (30/1/2024).

Selain itu, untuk memudahkan masyarakat membayar pajak berbagai inovasi telah dilakukan oleh Bakuda Babel diantaranya samsat setempoh, pelayanan samsat corner, samsat gerai, samsat keliling, dan pelayanan di mall pelayanan publik kabupaten Bangka.

“Kita sudah melakukan penjemputan bola dengan tujuan untuk meningkatkan inovasi pembayaran pajak, sehingga memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam membayar pajak,” jelasnya.

Dia menyebutkan, pelayanan Samsat Drive Thru ini dimana masyarakat yang ingin membayar pajak langsung dilayani untuk pembayaran PKB Tahunan, PKB 5 Tahunan, dan memfasilitasi dalam pencetakan plat nomor kendaraan.

“Pelayanan samsat drive thru dibuka pukul 08.00 – 16.00 WIB setiap hari Senin-Sabtu. Wajib Pajak cukup membawa KTP atau kartu identitas dan STNK Kendaraan saja, dengan hitungan menit saja lebih mudah tanpa harus mengantri,” tuturnya.

Haris berharap, target pajak daerah yang ditetapkan di tahun 2024 sebesar Rp 953.693.248.600 dapat tercapai.

“Kita optimis APBD tahun anggaran 2024 dapat terealisasi. Untuk itu diharapkan kerjasama dengan pembina Samsat Daerah, Kepolisian, dan Jasa Raharja agar ini dapat terwujud,” tuturnya.

Gedung Samsat Drive Thru memiliki luas bangunan 35 m² dengan luas lahan 940,5 m² yang dibangun menggunakan anggaran APBD Perubahan Tahun 2023 dengan nilai lebih dari Rp1,4 Miliar. Dan bangunan yang dibangun menggunakan anggaran APBD Perubahan tahun 2023 dengan nilai Rp1.475.493.632,32.

“Setelah pembangunan gedung ini, selanjutnya perencanaan kedepan, Bakuda Babel juga akan laksanakan pembangunan landskap dan pedestarian,” kata Haris kepada awak media.

Dikatakan Haris, untuk pengembangan pembangunan landskap salah satunya taman UMKM yang nantinya kedepan akan  dihidupkan kembali.

“Untuk pembangunan Drive Thru ini kami minjam lahan dari Dinas UMKM Babel, karena aset pemda dan ini terdata di Dinas UMKM, untuk itu kami akan berkoordinasi agar taman UMKM ini dapat dimanfaatkan kembali,” tutupnya. (chu)