Pemkab Babar Bahas Isu Strategis untuk Pembangunan

BANGKA BARAT, LASPELA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat (Babar) melalui Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (BP4D) menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Graha Aparatur pada Selasa (30/1/2024) pagi.

Bupati Bangka Barat, Sukirman menyampaikan, RKPD ini merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bangka Barat tahun 2021-2026. Menurutnya, kegiatan ini juga merupakan momen penting untuk mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan rencana pelaksanaan pembangunan yang mampu menjawab isu-isu strategis.

“Tema pembangunan di tahun 2025, yaitu memantapkan kualitas pelayanan dasar, kualitas infrastruktur yang berwawasan lingkungan, dan peningkatan kemandirian keuangan daerah. Prioritas pembangunan di tahun 2025 yakni peningkatan kualitas pembangunan manusia dan pelayanan dasar,” kata Sukirman.

“Selanjutnya, peningkatan perekonomian dan investasi sektor unggulan daerah dan peningkatan infrastruktur wilayah dan kualitas lingkungan hidup, serta peningkatan tata kelola pemerintahan daerah,” ucapnya.

Menurut Sukirman, partisipasi masyarakat dalam rencana pembangunan sangat penting, salah satu sarana memberdayakan masyarakat untuk berperan aktif dalam proses pengambilan keputusan.

“Pertama sekali dari kunjungan ke setiap kecamatan melalui Bangka Barat Setason dari sana kita menyerap aspirasi masyarakat. Kemudian dari kegiatan reses yang digelar DPRD. Jadi, kita menangkap apa saja kebutuhan masyarakat sehingga tergambarkan skema rencana pembangunan,” katanya.

Sukirman berharap hasil dari konsultasi publik ini dapat menjadi media pembentukan komitmen seluruh stakeholder dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, pengembangan, pelaksanaan dan pengawasan serta bagian yang tidak terpisahkan. (ril/oka)