Polres Basel Kawal Penjemputan 701 Surat Suara

TOBOALI, LASPELA – Polres Bangka Selatan (Basel) melaksanakan pengawalan pemenuhan kekurangan Surat Suara Pemilu Tahun 2024 di Kantor KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pengawalan dilakukan menggunakan Mobil Patwal Sat Lantas Polres Bangka Selatan dan Mobil BRV Kendaraan Dinas KPU Basel.

Penjemputan pemenuhan kekurangan Surat Suara Pemilu Tahun 2024 ini dihadiri Ketua dan komisioner KPU Basel, Komisioner Bawaslu Basel dan Personel Pengamanan dan Pengawalan Polres Basel.

Kabag Ops Polres Basel, Kompol Elpiadi mengatakan, pengawalan pemenuhan kekurangan surat suara pemilu tiba di KPU Bangka Belitung sekira pukul 11.15 WIB, Sabtu (27/1/2024).

“Pukul 11.35 WIB dilaksanakannya pernyortiran surat suara dan dipisahkan masing – masing kabupaten/kota yang terdiri 6 kabupaten dan 1 kota,” katanya.

“Dan pukul 12.15 wib dilaksanakan penandatanganan serah terima berita acara dari KPU Provinsi Babel dan KPU Bangka Selatan,” sambungnya.

Ia menyebutkan, sekira pukul 12.30 WIB telah dilakukan pergeseran logistik surat suara dari Kantor KPU Provinsi Babel menuju KPU Basel.

“Pukul 14.40 wib kendaraan pengangkut pemenuhan kekurangan logistik pemilu 2024 tahap II tiba di Kantor KPU Bangka Selatan dan telah diamankan di dalam Gudang Kantor KPU Bangka Selatan dan dilakukan pernyortiran yang telah dijadwalkan kemarin dan hari ini,” sebutnya.

Ia juga menjelaskan, kegiatan pengawalan pemenuhan kekurangan surat suara Pemilu tahun 2024 di Kantor KPU Provinsi Bangka Belitung untuk menggantikan surat suara yang rusak selama proses tahapan pelipatan surat suara di Gudang KPU Basel.

“Kalau untuk rincian pemenuhan kekurangan surat suara Pemilu tahun 2024 yakni PPWP 23 kertas surat suara, DPR RI 181 kertas, DPD RI 65 kertas, DPRD provinsi 232 kertas , DPRD Kabupaten Dapil 1, 102 kertas, DPRD Kabupaten Dapil 2, 23 kertas surat suara, DPRD Kabupaten Dapil 3, 55 kertas surat suara dan DPRD Kabupaten Dapil 4, 20 lembar,” ungkapnya. (pra)