Sukirman Ingin Durian Babar Mendunia

BANGKA BARAT, LASPELA – Kabupaten Bangka Barat (Babar) dikenal sebagai salah satu daerah penghasil buah durian di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Salah satu yang menjadi primadona, yakni durian Namlung atau biasa disebut dengan nama durian Cumasi.

Kendati ukuran buahnya relatif lebih kecil dari jenis durian lainnya, akan tetapi durian Namlung memiliki cita rasa yang legit, lemak manis, serta agak pahit di ujung lidah saat menikmatinya.

Kabupaten Bangka Barat juga memiliki andalan lainnya, yakni durian super tembaga Klamunod. Durian berwarna orange terang dengan cita rasa manis legit kini telah menjadi durian unggul nasional dan sudah tersertifikasi.

Dengan keunikan dan cita rasa yang dimilikinya, Bupati Bangka Barat, Sukirman berharap, dua jenis durian tersebut dapat terus dikembangkan menjadi agrowisata sehingga menarik wisatawan berkunjung ke Bangka Barat. Hal itu disampaikan oleh Sukirman saat mencicipi langsung durian Namlung dan durian tembaga super Klamunod milik warga di kebun yang terletak di Desa Air Belo, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat, pada Kamis (25/1/2024) pagi.

“Mari pecinta durian yang ada di luar mencicipi durian Namlung dan Klamunod dari Bangka Barat tepatnya di Desa Air Belo, Insya Allah rasanya tidak mengecewakan. Mudah-mudahan ini menjadi potensi untuk pariwisata,” katanya.

Sukirman berharap, pemasaran hasil varietas durian Namlung maupun super tembaga Klamunod juga bisa menembus hingga sampai tingkat internasional.

“Insyaallah varietas durian yang dimiliki bisa konsisten untuk berada di pasaran mancanegara. Mudah-mudahan bisa diikuti oleh penghasil di daerah lainnya,” ucapnya.  (adv/oka)