Wujudkan Kemandirian Pangan, Dinas Pangan Dorong Tiap Kelurahan Bentuk KWT

PANGKALPINANG, LASPELA – Kelompok Wanita Tani (KWT) binaan Dinas Pangan dan Pertanian di Kota Pangkalpinang saat ini baru ada 27 KWT. Manfaat KWT ini menjadi mekanisme yang efektif untuk memberdayakan perempuan dalam pembangunan pertanian dan mewujudkan kemandirian pangan.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang, Samri mengatakan pihaknya menargetkan adanya KWT setiap kelurahan.

“Saat ini kami masih terus berupaya agar KWT di setiap kelurahan ini segera terbentuk,” tuturnya, Rabu (24/1/2024).

Ia menambahkan, KWT bisa memberikan manfaat sosial, tidak hanya mempengaruhi anggotanya sendiri tetapi juga keluarga dan komunitas mereka.

“Adanya KWT kita lebih mudah membina, paling tidak memanfaatkan halaman rumahnya sendiri untuk dijadikan lahan pertanian. Dengan KWT sendiri dapat membantu pemerintah dalam rangka meningkatkan ekonomi keluarga memanfaatkan lahan perkarangan rumah,” tuturnya.

Hasil tanaman yang ditanam KWT bisa bermanfaat minimal untuk keluarga dulu, baru nanti terus dikembangkan untuk warga sekitar. Saat ini pihaknya telah mulai melakukan pendekatan kepada pihak kelurahan agar dapat membentuk KWT. Beberapa KWT bahkan telah berhasil panen berbagai macam sayuran, baik hidroponik maupun dengan cara umumnya. (dnd)