Dindikbud Agendakan Pertunjukan Budaya Rutin di Pengkal Heritage Bekeca’

PANGKALPINANG, LASPELA – Ruang Aksi Budaya akan diwarnai dengan pertunjukan seni dan budaya yang digelar secara rutin, sebagai upaya Pemerintah Kota Pangkalpinang melestarikan seni dan budaya daerah kepada masyarakat.

Ruang aksi budaya yang berlokasi di rumah dinas Wali Kota Pangkalpinang itu akan dimanfaatkan oleh pelaku seni dan budaya di ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk menggelar berbagai atraksi seni dan budaya, dan  menarik wisatawan agar mengetahui budaya melayu Kota Pangkalpinang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Erwandy menuturkan jika kegiatan pertunjukkan akan terus dilakukan secara kontinyu.

“Kegiatan kita ini rencananya akan kita lakukan setiap bulan, dalam minggu ketiga,” ujar Erwandy, Jumat (19/1/2024).

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan pun bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Ekraf, karena dua dinas ini saling berkaitan dengan kebudayaan dan ini juga merupakan perintah dari Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang.

“Beliau mengintruksikan jangan hanya Dindikbud tapi juga melibatkan Dinas Pariwisata dan Ekraf, karena ini juga berkaitan dengan pariwisata kita,” tuturnya.

Tidak hanya pagelaran seni dan budaya,  pihaknya pun akan mengadakan pameran, rembuk budaya serta kreasi-kreasi lainnya di Ruang Aksi Budaya.

“Ruang paviliun akan menjadi tempat diselenggarakanya pameran dan itu merupakan konsep Pj wali kota,” katanya.

Ia berharap Ruang Aksi Budaya ini akan mampu menampung teman-teman sanggar untuk bisa berkreasi dan bisa melakukan atraksi. (dnd)