Sosialisasi Empat Pilar, Bambang Patijaya: Kemajemukan Bangsa Mesti Dikelola dengan Baik

JAKARTA, LASPELA — Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Bambang Patijaya menyebutkan bahwa banyaknya potensi negatif kemajemukan bangsa mesti dikelola dengan baik agar tak berujung konflik dan perpecahan.

Hal demikian disampaikannya saat sosialiasi empat pilar MPR RI pada 30 Juni 2023 lalu.

“Potensi integrasi bangsa juga perlu diperkuat dengan menonjolkan budaya gotong royong, mendorong kerukunan umat beragama, suku, daerah dan partai politik,” kata Bambang.

Sosialisasi empat pilar ini, kata BPJ sapaan akrabnya, bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang penerapan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

“Sosialisasi empat pilar kebangsaan ini program dari MPR RI yang merupakan pembelajaran bersama masyarakat untuk mengerti apa itu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, agar terwujud kesadaran masyarakat tentang kehidupan berbangsa dan bernegara,” jelasnya.

Untuk itu, ia berharap agar melalui sosialisasi tersebut dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat agar persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dapat terus dijaga. (*)