Tambah Jam Operasional, Perpustakaan Kota Pangkalpinang Jadi Tempat Wisata Edukasi Akhir Pekan

PANGKALPINANG, LASPELA – Perpustakaan Kota Pangkalpinang siap menjadi wisata edukasi di akhir pekan, biasanya perpustakaan tersebut buka Senin hingga Jumat, tetapi kini Sabtu masih tetap membuka layanan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang, Eti Fahriaty mengatakan dengan dibukanya layanan perpustakaan pada akhir pekan selain menjadi wisata edukasi juga lebih memanfaatkan gedung yang sudah ada.

“Karena hari Sabtu itu  karyawan atau ASN sudah libur, jadi baru ada kesempatan untuk mendampingi anak-anak berkunjung ke perpustakaan, atau bagi pegawai yang memang senang datang ke perpustakaan dan ingin menghabiskan waktu liburnya di perpustakaan,” katanya, Selasa (16/1/2024).

Eti mengatakan, sebenarnya sebelum pandemi Covid-19 pihaknya sempat membuka pelayanan pada hari Sabtu, tetapi karena Covid-19 anggaran harus di recofusing.

“Sehingga anggaran untuk petugas yang melaksanakan layanan dihari Sabtu dipangkas, sekarang pelayanan tersebut kita buka kembali, dengan memanfaatkan PHL, jadi mereka ada jadwal shift jaga hari Sabtu,” ujarnya.

Dengan dibukanya layanan perpustakaan hingga hari Sabtu ini, kunjungan perpustakaan semakin banyak dan dapat memenuhi  kebutuhan masyarakat dalam mengakses buku dan layanan lainnya di perpustakaan.

“Alhamdulillah mulai Sabtu 20 Januari 2024 nanti, perpustakaan Pangkalpinang buka dari pukul 09:00-14:00 WIB dan semoga bisa menjadi wisata edukasi masyarakat Bangka Belitung,” tuturnya. (dnd)