Bupati Basel Tambah Anggaran Rp1 M untuk Pembangunan di Dusun Serdang

SIMPANGRIMBA, LASPELA – Pada malam ramah tamah Aik Bakung seri ke 18 di Desa Jelutung II, Kecamatan Simpang Rimba, Selasa (9/1/2024) malam, Riza-Debby berjanji akan menambahkan anggaran pembangunan untuk Desa Jelutung sebesar Rp1 miliar untuk tahun 2024.

Janji itu disampaikan Bupati Riza Herdavid di depan ratusan masyarakat yang menghadiri malam ramah tamah.

“Alhamdulillah tahun ini, kami akan menambahkan anggaran Rp1 miliar untuk pembangunan di Desa Jelutung II sehingga pembangunan di setiap wilayah di Bangka Selatan ini merata,” kata Riza.

Riza mengatakan, dana ini akan dialokasikan untuk jalan produksi, jalan usaha tani, siring dan talud.

Riza mengungkapkan, untuk di tahun 2023 kemarin, Desa Jelutung II sudah mendapatkan bantuan sekitar Rp1,7 Miliar yang difungsikan untuk pertanian dan pembangunan jalan.

“Kalau tahun 2023 lalu, pembangunan di Jelutung II sebesar Rp 1,7 miliar untuk pertanian dan pembangunan jalan,” ungkapnya.

Tak hanya itu, kata Riza Pemkab Basel sedang menunggu kabar dari pusat terkait pembebasan hutan lindung yang difungsikan sebagai jalan penghubung atau jembatan di Dusun Serdang Desa Jelutung II ini.

“Namun untuk di Dusun Serdang terkendala tidak bisa dibangun baik menggunakan APBD maupun APBN karena statusnya hutan lindung. Saat ini kita juga sedang menunggu proses pembebasan lahan itu. Apabila sudah selesai insya Allah, jalan penghubung Dusun Serdang Desa Jelutung II akan segera kita bangun,” jelasnya.

Sementara, anggota DPRD Basel dari dapil 4, Dian Sersanawati menyebutkan pembebasan lahan hutan lindung yang saat ini dimukimkan oleh warga di Dusun Serdang, Desa Jelutung II itu sudah beberapa kali dilakukan survei oleh dinas terkait.

“Sudah kita cek dengan dinas terkait, kalau wilayah dusun Serdang masuk dalam kawasan hutan lindung, maka itu kami sudah melakukan upaya untuk melakukan pembebasan lahan agar masyarakat di dusun Serdang dapat merasakan pembangunan yang merata dari Pemkab Basel,” pungkasnya. (pra)