Rio Ingatkan Pemkot Aktif Pantau Titik Banjir dan Genangan

PANGKALPINANG, LASPELA – Anggota DPRD Kota Pangkapinang, Rio Setiady mengingatkan kepada Pemerintah Kota Pangkalpinang untuk terus aktif dalam pemantauan titik banjir dan genangan air di musim penghujan saat ini.

Ia meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Satpol PP untuk terus aktif berkoordinasi tentang titik-titik banjir yang menyebar di Kota Pangkalpinang.
“Harus lebih aktif untuk melihat apakah ada titik yang baru atau mengulang kejadian yang lama seperti ini seputaran Tamansari dan sekitarnya,” katanya, Selasa (2/1/2024).

Banjir atau genangan air di Kota Pangkalpinang memang sedikit banyak membuat warga khawatir, terlebih pada cuaca yang saat ini tidak menentu, hujan lebat bisa datang dengan tiba-tiba dan ada beberapa kali merasakan hujan yang terus-menerus mulai dari pagi sampai ke sore merata di Kepulauan Bangka Belitung.

Rio menegaskan Pemkot harus lebih jeli dan melihat kembali apakah program yang direncanakan untuk menangani banjir yang telah dilaksanakan selama ini ada hasil yang menggembirakan atau tidak.

“Tentu saja ini harus kita evaluasi karena Kota Pangkalpinang baru akan masuk musim penghujan yang artinya masih cukup panjang perjalanannya,” ujarnya.

Ia juga meminta untuk memperhatikan drainase, karena ia menilai penyebab banjir dan genangan air terjadi di wilayah Semabung.

“Semabung dari geografisnya termasuk daerah yang cukup tinggi yang sebetulnya sangat kecil peluang terjadi banjir di daerah Semabung, kecuali beberapa titik yang memang drainasenya tidak mengalir,” urainya.

Peringatan potensi banjir pun harus aktif diinformasikan kepada masyarakat, agar masyarakat dapat antisipasi. “Jangan sampai mereka tidak tahu dan tidak bersiap-siap jika sudah mulai turun hujan yang merata dan berlangsung cukup lama,” tuturnya. (dnd)