Harga Terjun Bebas, Emak-Emak Kalap Borong Ikan 

 

PANGKALPINANG, LASPELA – Awal tahun 2024 dibuka dengan murahnya harga ikan di pasaran, bahkan harga ikan yang di patok pedagang bisa rendah hingga Rp10 ribu perkilogram, (2/1/2024).

Terlihat para emak-emak menyerbu para pedagang ikan di Pasar Irian, emak-emak mengaku senang dengan harga ikan yang murah. “Tentu senang lah, karena kan ikan ini harus wajib yah ada di dirumah kalau orang Bangka,” ujar Irna warga Penagan.

Harga dari jenis-jenis ikan tentu berbeda, dengan dibandrol paling murah Rp10 ribu perkilogram. “Saya beli ikan ciu harganya Rp10 ribu dan ikan dencis Rp15 ribu perkilogram ukurannya besar,” katanya.

Ikan singkur dibandrol Rp20 ribu hingga Rp25 ribu perkilogram, ikan tongkol Rp20 ribu perkilogram, ikan bulet dibandrol Rp35 ribu perkilogram.

Salah satu pedagang, Ari mengatakan jika turunnya harga ikan karena telah melewati malam tahun baru. “Iya stoknya banyak, permintaah setelah malam tahun baru juga biasanya sedikit, jadi murah,” katanya.

Ari mengatakan, dengan sedikitnya permintaan pasar keuntungan yang didapat juga sedikit, biasanya jika harga ikan normal ia bisa menjual ikan paling tidak 30 hingga 40 kilogram sehari.

“Namun saat ini, saya bisa menjual hanya 15 hingga 18 kilogram sehari. Bersyukur saja lah, setidaknya kalau gak habis dan kondisi ikan masih bagus, yah saya bagikan ke tetangga sekitar rumah,” ujarnya.

Menurutnya, ia lebih suka jika jualan dengan harga normal, tidak terlalu tinggi dan tidak pula terlalu murah. “Kalau tinggi juga kan untung kita sedikit, kalau murah permintaan pasar sedikit dan terkadang harus bawa pulang sisanya, jadi mending yang normal saja harganya, yang penting habis,” tutupnya. (dnd)