Toleransi Beragama Malam Tahun Baru di Masjid Agung Kubah Timah dan Gereja Maranatha

PANGKALPINANG, LASPELA – Toleransi beragama diperlihatkan masyarakat Kota Pangkalpinang pada malam tahun baru 2024. Hal ini terlihat dari pantauan Media Laskar Pelangi di dua tempat ibadah Masjid Agung Kubah Timah dan Gereja Maranatha di titik nol kilometer Pangkalpinang, Minggu malam (31/12/2023).

Terlihat para jemaah memenuhi Masjid Agung Kubah Timah dan Gereja Maranatha. Ada yang unik di tahun baru kali ini, Pemerintah Kota Pangkalpinang menggelar rangkaian kegiatan keagamaan di Masjid Agung Kubah Timah menyambut tahun baru.

“Jadi kita buat rangkaian kegiatan menghiasi Masjid Agung Kubah Timah, dengan ceramah, pengajian, lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT,” ujar Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan.

Sedangkan di Gereja Maranatha kegiatan keagamaan pun berlangsung pada malam tahun baru ini. Sehingga toleransi beragama sangat terasa di Pangkalpinang menjelang tahun 2024.

“Kita punya kegiatan keagamaan sendiri, dan teman-teman Nasrani juga, kita saling bertoleransi, saling menghormati, terlebih masjid dan gereja berdampingan,” tuturnya.

Sementara itu, Fian salah satu warga Penagan yang sengaja datang ke Pangkalpinang untuk merayakan malam tahun baru menuturkan, jika suasana ini baru dilihatnya.

“Biasanya tidak ada kegiatan keagamaan di malam tahun baru, melihat Pangkalpinang menggelar ini, kami sekeluarga jadi ingin merayakan di sini, sambil dengar ceramah dan menikmati Kota Pangkalpinang,” sebutnya.

Sementara, Rio salah satu jemaah Gereja Maranatha juga merasakan toleransi yang luar biasa, pada malam tahun baru kali ini.

“Saya rasa ini luar biasa, kita bisa saling berdampingan dan beribadah masing-masing,” ujarnya. (dnd)