Tutup Tahun 2023, Pj Wali Kota Ajak Masyarakat Muhasabah Diri

PANGKALPINANG, LASPELA – Menutup tahun 2023 Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang Lusje Anneke Tabalujan  mengajak masyarakat untuk memakmurkan masjid, termasuk di Masjid Agung Kubah Timah yang akan digelar berbagai kegiatan keagamaan.

Ia menyebutkan, ada baiknya malam tahun baru diisi dengan memuhasabah diri agar lebih dekat dengan sang pencipta, Pemerintah mengajak seluruh masyarakat untuk bersama merayakan dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Malam tahun baru untuk masyarakat yang nasrani mereka mempunyai kegiatan sendiri di Gereja, kalau Pemkot sendiri kita sudah berencana dengan pengurus Masjid Agung Kubah Timah untuk mengadakan kegiatan mulai dari sholat subuh di tanggal 31 Desember,” ujarnya, Jumat (29/12/2023).

Masyarakat bebas untuk mengikuti rangakaian kegiatan ini, mulai dari baca Al-Quran, pengajian dan ceramah akan menghiasi 31 Desember dari subuh hingga pukul 00.00 WIB.

“Kegiatan ini terbuka untuk umum, jadi kita berkumpul dalam balut iman dan ketaqwaan,” katanya.

Bagi masyarakat yang ingin merayakan di Alun-alun Taman Merdeka (ATM) pun diperbolehkan namun tetap diimbau untuk mendoakan Kota Pangkalpinang lebih baik kedepan.

Sementara untuk pesta kembang api, Lusje juga membolehkan asal tidak dalam skala yang besar.

“Sepanjang itu tidak mengganggu dengan kapasitas besar yang bisa membahayakan, itu boleh saja, tetapi jangan sampai kapasitas besar karena bahaya, itu yang tidak boleh,” tuturnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat dari Kabupaten lain yang mau merayakan malam tahun baru di Kota Pangkalpinang, untuk tetap merayakan dengan aman dan tertib. “Tidak dilarang silahkan saja tetapi tolong jaga keamanan, jaga kebersihan dan buang sampah pada tempatnya,” pintanya. (dnd)