banner 728x90

Pemkab Basel Terima Predikat Informatif Terbaik Urusan Penyelenggaraan Informasi Publik dari KID Babel

banner 468x60
FacebookTwitterWhatsAppLine

TOBOALI, LASPELA – Komisi Informasi Daerah (KID) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) terkait dengan Predikat Informatif  Terbaik urusan Penyelenggaraan Informasi Publik Tahun 2023, di Hotel Bangka City Pangkalpinang, Rabu (27/12/2023).

Sertifikat Penghargaan Predikat Informatif Terbaik penyelenggaraan Informasi Publik Tahun 2023 tersebut, diterima oleh Plt. Kadis Kominfo Yuri Siswanto mewakili Bupati Basel, Riza Herdavid yang didampingi Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Defi Ahmad Batuah.

banner 325x300

Bupati Basel mengucapkan rasa syukurnya atas perolehan tersebut sekaligus terima kasih kepada jajaran OPD atas predikat Informatif yang diperoleh Pemkab Basel sebagai badan publik yang informatif.

“Tentu saja kita bersyukur, untuk urusan komunikasi publik, Pemkab Basel kembali mendapatkan apresiasi penghargaan dari Kominfo Babel. Nah, Pemkab Basel sendiri tahun 2023, berhasil meraih predikat Informatif sebagai badan publik,” ujarnya.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada para OPD atas pencapaian ini, prestasi ini merupakan hasil dari kolaborasi setiap OPD di lingkungan Pemkab Basel.

“Untuk itu, saya sampaikan terima kasih untuk jajaran OPD di Lingkungan Pemkab Basel untuk pencapaian ini. Termasuk kepada teman-teman media dan wartawan yang sudah menjadi bagian aktif dalam memberikan informasi, edukatif dan konstruktif kepada masyarakat di Basel,” kata Riza.

Sementara, Plt. Kadis Kominfo Basel, Yuri Siswanto, menambahkan, penghargaan ini merupakan hasil kinerja yang apik. Pasalnya, di tahun sebelumnya hanya berstatus menuju informatif.

“Alhamdulillah, pada tahun ini Pemkab Basel telah berhasil naik ke level tertinggi dengan status penyelenggaraan informasi publik dari KI. Saat ini kita sudah berpredikat informatif dan naik dari tahun sebelumnya yang masih berstatus menuju informatif,” ucapnya.

Ia menjelaskan bahwa, ada lima level status penyelenggaraan informasi publik yang menjadi kewajiban setiap badan publik.

“Diantaranya ada level informatif dengan nilai 90 – 100, level menuju informatif dengan nilai 80 – 89,9, level cukup informatif dengan nilai 60 – 79,9, level kurang informatif dengan nilai 40 – 59,9 dan terakhir level tidak informatif dengan nilai 0 – 39,9,” jelas Yuri.

Yuri juga menyebutkan, prestasi ini semua tentunya berkat kolaborasi yang baik dari tim, tidak hanya dari Kominfo tetapi juga seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkab Basel yang juga sudah menjalankan komunikasi dan informasi publik dengan baik.

“Kami juga menyelenggarakan kompetisi penyebarluasan informasi publik antara OPD di Pemkab Basel melalui platform media website dan media sosial. Tujuannya adalah agar masyarakat bisa mengetahui informasi pembangunan yang diselenggarakan oleh OPD-OPD terkait,” pungkasnya. (pra)

banner 325x300
banner 728x90
Exit mobile version