Minggu Ini Pj Bupati Belitung Dilantik, Zakaria: Tidak akan Membiarkan Pemerintahan Kosong

PANGKALPINANG, LASPELA – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Safrizal Zakaria Ali akan bertolak ke Pulai Belitung untuk melantik dan mengambil sumpah jabatan Pj Bupati Belitung, Yuspian, saat ini menjabat Kepala Biro Umum dan Akademik Institut Teknologi Kalimantan yang ditunjuk oleh Kemendagri.

“Ya besok Sabtu (30/12/2023) saya akan bertolak ke Belitung untuk melantik Pj Bupati Belitung, dan yang berangkat seluruh tamu undangan yang diundang,” ujar Safrizal Zakaria Ali, di Pangkalpinang, Jumat (29/12/2023).

Safrizal mengatakan, pelantikan Pj Bupati Belitung sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 100.2.1.3-6620 tahun 2023 tentang pengangkatan Penjabat bupati Belitung Provinsi Babel.

“Untuk pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan rencananya akan dilaksanakan Minggu (31/12/2023) pagi sekitar pukul 09.00 WIB,” katanya.

Disampaikan Safrizal, pelantikan Pj bupati bisa saja dilakukan di ibu Kota Provinsi dan maupun ibu Kota Kabupaten. Terutama pelantikan Pj bupati, harus ada yang melantik dan dilantik serta ada berbagai prosesi yang dilaksanakan.

“Seperti biasa pelantikannya ada yang melantik, ada yang dilantik dan ada prosesi sumpah dan kata-kata pelantikan, kemudian ada saksi, tempatnya boleh di ibu Kota Provinsi, ibu Kota Kabupaten,” ucapnya.

Diakui Safrizal, Pj Bupati Belitung yang ditunjuk oleh Mendagri merupakan salah satu nama yang diusulkan oleh DPRD Belitung beberapa waktu lalu ke Pj Gubernur dan diteruskan ke Mendagri untuk disetujui sebagai Pj Bupati Belitung.

“Pelaksanaannya pada hari kalender, hari Minggu juga hari kalender, kita tidak akan membiarkan satu hari pun pemerintahan kosong. Jadi, kita lantik tanggal 31 Desember 2023,” jelasnya.

Ditanya apa saja rangkaian kegiatan atau agenda dirinya di Pulau Belitung, Safrizal pun mengatakan hanya melantik Pj Bupati Belitung dan tidak ada agenda lain selain pelantikan.

“Tidak ada agenda lain, sumber nama Pj ini usulan dari DPRD Belitung dan saya tidak hafal karena diusulkan sebelum saya menjabat. Jadi saya tidak mengusulkan, yah sudah diusulkan sebelum saya menjabat dan sudah ada usulan dari DPRD dan yang bertugas melantik,” tutupnya.(chu)