Gelar Simulasi Hari Pemungutan dan Perhitungan Suara, KPU Minta Petugas Fokus pada Aplikasi Sirekap

PANGKALPINANG, LASPELA – Komisi Penyelenggara Pemilu (KPU) Kota Pangkalpinang menggelar simulasi hari pemungutan dan perhitungan suara yang digelar di Halaman Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Selasa (26/12/2023).

Ketua KPU Kota Pangkalpinang, Sobarian menuturkan kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada petugas PPK, PPS dan KPPS dalam bertugas pada hari H Pemilu tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

“Hari ini kita melaksanakan simulasi hari pemungutan dan perhitungan suara dalam acara ini diikuti oleh PPK dan PPS se-Kota Pangkalpinang,” ujarnya.

Dengan digelarnya simulasi ini, ia berharap pemilu 2024 nanti bisa berjalan dengan lancar.

Tidak hanya simulasi, pihaknya pun memperkenalkan aplikasi Sirekap Pemilu 2024, dimana aplikasi Sirekap ini adalah aplikasi sistem perhitungan yang digunakan pada saat perhitungan suara nanti pada saat Pemilu.

“Hal-hal yang baru seperti ini butuh pembelajaran yang maksimal, sehingga dengan adanya simulasi seperti ini dapat membantu kawan-kawan KPPS dalam melaksanakan tugasnya,” tukasnya.

Aplikasi Sirekap sendiri sudah diluncurkan  dan siap digunakan pada saat perhitungan suara di TPS nanti. “Semoga petugas KPPS nanti bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan pada saat pemilu 2024 nanti tidak ada PSU (Perhitungan Suara Ulang),” pungkasnya. (dnd)