Catatkan Skor 82,4 Poin, Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah Pemkab Basel Tiga Tertinggi Nasional

 

TOBOALI, LASPELA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) kembali menorehkan prestasi di penghujung tahun 2023. Kali ini, Pemkab Basel mendapatkan prestasi pengelolaan keuangan daerah ketiga tertinggi secara nasional.

Bupati Basel, Riza Herdavid mengatakan penghargaan ini didapatkan dari Kementerian dalam negeri (Kemendagri) dengan grade pengelolaan keuangan daerah dengan skala tinggi nasional.

“Alhamdulillah, mengakhiri kinerja tahun 2023 ini, Pemkab Basel kembali mendapatkan apresiasi dari Kemendagri. Kali ini terkait kapasitas pengelolaan keuangan daerah. Berdasarkan penilaian Kemendagri, Pemkab Bangka Selatan meraih grade Pengelolaan Keuangan Daerah dengan skala tinggi,” kata Riza, Selasa (26/12/2023).

Ia menjelaskan,dengan skor yang diraih, Pemkab Basel mendapatkan peringkat ke-3 tertinggi secara nasional dalam kategori tingkat kabupaten/kota.

“Termasuk di Babel, Pemkab Basel juga meraih nilai tertinggi. Untuk pencapaian ini, Saya mengapresiasi jajaran Tim dan OPD terkait, TAPD, Bappelitbangda, Bakuda yang sudah all out menyusun formulasi anggaran sekaligus mengawal proses administrasi dengan baik,” ungkapnya.

Riza menyebutkan, dengan torehan ini merupakan feed back dari pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

“Tentu ini semua akhirnya akan bermuara pada optimalisasi pembangunan Bangka Selatan sendiri,” ujarnya.

Sementara, Kepala Badan Perencanaan, Pembangunan dan Penelitian Daerah (Bappelitbangda) Basel, Herman menambahkan Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah (IPKD) merupakan instrumen penilaian kapasitas pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh masing-masing daerah.

“Pusat melalui Kemendagri secara rutin melakukan pengukuran melalui 5 dimensi dan Alhamdulillah skor kita saat ini menempati peringkat tiga nasional untuk kategori kabupaten/kota dengan KKD sedang. Skor Pemkab Basel adalah 82,475 poin,” bebernya.

“Pencapaian ini tentu semakin menjadi motivasi bagi kita dan mudah mudahan kedepan prestasi kita semakin membanggakan,” sambungnya. (pra)