KPU Bangka Perlakukan Surat Suara seperti “Anak Kecil”

SUNGAILIAT, LASPELA — Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka, Sinarto menegaskan akan memperketat keamanan surat suara Pemilu 2024.

Bahkan ia mengatakan bahwa treatment atau perlakuan surat suara tersebut berbeda dengan perlengkapan-perlengkapan lainnya.

“Treatment surat suara ini agak lebih spesifik. Jadi kita perlakukan surat suara ini seperti anak kecil (pengawasan ketat). Anak kecil kalau kita tinggalkan akan nangis dia,” kata Sinarto kepada sejumlah media, di Media Center KPU Bangka, Sabtu (23/12/2023).

Selain dijaga ketat oleh personel Polres Bangka, pihaknya mengatakan telah memasang enam titik Closed Circuit Television atau CCTV. Dimana empat titik dipasang di area luar, dan dua lainnya langsung menyorot ke arah surat suara.

“Karena penjagaan ini tidak bisa hanya dilakukan oleh manusia saja. Makannya kita pasang enam CCTV di berbagai titik,” bebernya.

Secara umum, kata Sinarto, pengamanan logistik surat suara ini tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Namun demikian, KPU Bangka terus melakukan peningkatan pengamanan pada Pemilu 2024 ini.

“Karena tentunya pemerintah kita akan meng-upgrade Pemilu ini lebih baik daripada Pemilu sebelumnya,” tukasnya.

Sebelumnya, KPU Bangka telah menerima sebanyak 1.196.139 lembar surat suara yang proses pendistribusiannya dilakukan melalui dua unit kontainer.

Jutaan lembar surat suara tersebut terdiri dari surat suara untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/ kota.

Surat suara tersebut kini disimpan di Gudang Logistik Mes Melati Pemkab Bangka yang dijaga ketat oleh pihak kepolisian selama 24 jam melalui sistem piket atau gantian. (mah)