Pastikan Ketersediaan Bapok Jelang Nataru, Pj Wali Kota Kembali Cek Harga di Pasaran

PANGKALPINANG, LASPELA – Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang Lusje Anneke Tabalujan kembali turun ke lapangan memantau ketersediaan stok dan harga sejumlah barang kebutuhan pokok (bapok) dalam upaya menekan inflasi menghadapi perayaan Natal tahun 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Ia menegaskan, pengecekan langsung dan operasi pasar yang dilakukan Pemkot Pangkalpinang melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM juga upaya gar Nataru dapat berjalan dengan lancar, aman dan nyaman.

“Operasi pasar ini sebagai upaya pengendalian inflasi di Kota Pangkalpinang menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2024, karena pada akhir-akhir tahun ini biasanya permintaan akan meningkat dan harga melonjak, tetapi menurut hasil pantauan hari ini semua stabil,” kata Lusje, Jumat (22/12/2023).

Lusje sebut tidak ada lonjakan harga dan ketersediaan stok bahan pokok masih stabil di tingkat pengecer, bahkan harga cabai pun menurun, dan permintaan pasar tidak terlalu banyak.

“Masih aman, semuanya masih normal saja, tidak ada kenaikan harga, justru kondisi ini kita harapkan akan terus terjaga, agar inflasi tidak ada kenaikan,” ujarnya.

Meski kondisi aman, pihaknya tetap akan terus pantau perkembangan harga dan stok di pasar. Ia meminta, agar baik pedagang maupun distributor tidak memanfaatkan moment ini untuk keuntungan pribadi, tetapi juga memikirkan dampak terhadap masyarakat.

Pihaknya juga melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terjadi, agar suplai kebutuhan pokok di Kota Pangkalpinang tetap terjaga, mengingat pada bulan Desember Januari biasanya erat kaitannya dengan cuaca buruk dan gelombang besar yang bisa menghambat distribusi masuknya kebutuhan pokok ke Pangkalpinang.(dnd)