KPU Basel Terima 1.308 Koli Surat Suara Pemilu 2024 dari KPU Pusat

 

TOBOALI, LASPELA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) kedatangan 1.308 Koli surat suara untuk Pemilu 2024, Rabu (20/12/2023) petang.

Kedatangan surat suara tersebut diangkut menggunakan satu truk kontainer dari KPU pusat dengan pengawalan ketat dari pihak kepolisian ke Gudang Logistik KPU Basel.

Ketua KPU Basel Muhidin mengatakan, surat suara sebanyak 1.308 Koli itu 77 koli untuk surat suara Pilpres, DPR RI, DPD dan DPRD Provinsi masing-masing 305 koli sedangkan DPRD Kabupaten 315 koli.

“Dari 1.308 surat suara yang kita diterima dengan rincian untuk surat suara Presiden dan Wakil Presiden ada 77 Koli termasuk 1 PSU total 78 Koli, DPR RI 305 Koli, DPD 305 Koli, DPR Provinsi 305 Koli dan DPRD Kabupaten 315 Koli,” kata Muhidin di Sekretariat KPU Basel.

Ia menyebutkan, selanjutnya surat suara yang telah diterima KPU Basel akan dilakukan proses penyortiran sekaligus pelipatan.

“Sortir dan lipat ini nantinya akan dilakukan secara bersamaan, dimana Insyaallah akan dilaksanakan diawal-awal bulan Januari 2024 mendatang dan dalam proses tersebut kita juga langsung menyortir kondisi terhadap surat suara yang kira-kira tidak layak,” ujarnya.

Ia mengatakan, untuk proses tersebut pihaknya akan merekrut dan melibatkan warga sekitar kantor KPU Basel.

“Tentunya, dalam perekrutan petugas sortir dan lipat mereka harus memiliki identitas yang jelas, kemudian untuk prosedur khusus bagi mereka yang terlibat politik saat ini tidak ada perlakuan khusus seperti itu, dan tentunya nanti pada saat sortir dan lipat tetap dilakukan pengawasan,” pungkasnya. (pra)