RSUD Basel Siap Tampung Caleg Depresi Gagal Pemilu 2024

TOBOALI, LASPELA – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) membuka layanan poli kesehatan kejiwaan bagi para calon anggota legislatif (caleg) jika gagal terpilih pada pemilu 2024 mendatang.

“Jadi menyikapi kegiatan pemilu tahun 2024, kami dari pihak RSUD Basel membuka layanan kejiwaan dan menghadirkan dokter spesialis kejiwaan bagi caleg yang kejiwaannya terganggu akibat kalah pada pemilu,” kata Direktur RSUD Basel, dr. Rudi Hartono, Jumat (15/12/2023).

Ia menuturkan di tahun 2024 ini, RSUD Basel juga sudah memiliki ruangan khusus dan menyiapkan 5 hingga 10 tempat tidur baru untuk menampung caleg yang mengidap depresi atau mengalami gangguan kejiwaan setelah menyadari kalau dirinya tidak terpilih dalam pemilu 2024.

“Pelayanan kejiwaan yang sebelumnya hanya melayani dari hari Senin sampai Rabu, nanti di tahun 2024 akan kami tambah harinya sampai dengan hari Sabtu. Kemudian menyiapkan obat-obatan juga, hal ini sebagai langkah kami untuk mengantisipasi banyaknya pasien atau caleg yang depresi,” kata Rudi.

Menurutnya, untuk pelayanan yang akan diberikan RSUD Bangka Selatan kepada para caleg ini, diantaranya pelayanan konseling, pengobatan, konsultasi dengan tenaga psikolog dan psikiater.

“Jadi biasanya caleg yang gagal pemilu itu lebih ke arah nganguan depresi, harapan mereka sangat besar bisa terpilih, namun kenyataannya dia sudah gagal. Nah hal ini lah yang perlu kami antisipasi, dengan penanganan secara bertahap ada yang konsultasi, pengobatan dan rawat inap,” pungkasnya. (pra)