Pemkot Pangkalpinang Gelar Peringatan Hari Ibu, Momen Refleksi Peran dan Jasa Ibu

PANGKALPINANG, LASPELA – Ketua Gabungan Organisasi Perempuan (GOW) Kota Pangkalpinang Zumalia Miego menegaskan, pentingnya peran seorang ibu dalam pembangunan di negeri ini. Peringatan hari ibu yang diperingati setiap tanggal 22 Desember ini menjadi tonggak sejarah bagi kesatuan pergerakkan perempuan Indonesia.

“Perempuan yang sampai saat ini terus berkiprah sesuai aspirasi dan tuntutan zaman, peristiwa besar yang terjadi 22 Desember tersebut kemudian dijadikan tonggak sejarah bagi kesatuan pergerakkan perempuan Indonesia,” ujarnya saat memberikan sambutan dalam acara Peringatan Hari Ibu, Rabu (13/12/2023).

Ia mengatakan Hari ibu oleh bangsa Indonesia tidak hanya untuk menghargai jasa-jasa perempuan semata sebagai seorang ibu. Tetapi perempuan secara menyeluruh baik sebagai ibu maupun istri, maupun sebagai warga negara, masyarakat dan sebagai pejuang dalam merebut penegakkan dan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan nasional.

Peringatan hari ibu, dilakukan untuk senantiasa mengingat seluruh perempuan Indonesia, dari generasi muda, dan hari ibu sebagai hari kebangkitan, persatuan, dan perjuangan kaum perempuan yang tidak terpisahkan dari perjuangan bangsa.

“Untuk itu perlu diwarisi semangat juang melanjutkan semangat nasional untuk menuju kemaslahatan yang adil dan makmur bedasarkan Pancasila dan UUD 1945. Sekali lagi saya ucapkan selama hari ibu untuk seluruh ibu-ibu yang ada di Kota Pangkalpinang,” ujarnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Walikota Lusje Anneke Tabalujan menuturkan jika hari ibu ke-95 tahun ini tentu sudah banyak kiprah yang sudah dilakukan. Salah satunya menghadirkan bibit-bibit unggul Indonesia.

Dengan bagaimana setiap ibu mempersiapkan diri agar anak-anak lahir dengan sehat dan tidak stunting. Karena lahirnya anak-anak cerdas karena ibu yang hebat.

“Seperti yang kita tahu ibu sesuai psikologi dan biologi jika anak lahir itu garis keturunan ibu, melahirkan anak-anak cerdas di Indonesia menghasilkan generasi bangsa yang kuat dan cerdas,” ujarnya. (dnd)